Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat (Otodidak)

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat (Otodidak)

Setidaknya ada empat tips belajar bahasa Inggris dengan cepat yang bisa Anda terapkan. Keempat tips ini bisa Anda lakukan secara otodidak  di rumah aja. Apa saja tips yang dimaksud? Ikuti pembahasan artikel ini hingga tuntas untuk menemukan jawabannya!

Masih banyak orang yang merasa kurang cukup mempelajari bahasa Inggris di sekolah atau kampus. Di sisi lain, mereka juga merasa berat mengeluarkan uang untuk mengikuti kursus bahasa Inggris.

Tenang saja! Anda bisa kok belajar bahasa Inggris secara otodidak di rumah, bahkan sambil rebahan. Ya, belajar bahasa Inggris di secara otodidak bisa dilakukan dengan santai dan menyenangkan lho. Bagaimana caranya?

Tips Belajar Bahasa Inggris (Otodidak)

Perlu diingat, belajar bahasa Inggris secara otodidak membutuhkan niat yang kuat. Pasalnya, belajar secara otodidak tidak memerlukan pembimbing yang bisa mendisiplinkan Anda jika sewaktu-waktu malas belajar. Oleh karena itu, tata niat Anda dengan di awal ya!

1. Nonton Film Tanpa Subtitle

Anda suka nonton film di Netflix, Viu atau aplikasi nonton film lainnya? Gunakan kesukaan Anda itu untk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Ya, Anda bisa menonton film tanpa menyertakan subtitle bahasa Indonesia. Nah, di awal mungkin Anda merasa kesulitan jika langsung menonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia.

Jadi, Anda boleh menonton film dengan subtitle terlebih dahulu. Namun, untuk kedua kalinya, hilangkan subtitle tersebut dan pahami dengan baik jalan cerita dan percakapan antar karakter yang ada di film tersebut. Anda bisa lho mengulang film tiga, empat bahkan lima kali tanpa subtitle agar benar-benar mengasah bahasa Inggris Anda.

2. Dengar Lagu Bahasa Inggris

Selain nonton film, Anda juga bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan cara mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Nah, jika Anda hobinya mendengarkan lagu Indonesia, coba alihkan kesukaan tersebut ke lagu berbahasa Inggris.

Pilih lagu bahasa Inggris yang menurut Anda enak didengar, putar berulang kali dan hafalkan liriknya. Anda juga bisa menerjemahkan kata-kata yang sulit dipahami (dengan cara melihat kamus). Bendahara vocabulary Anda jadi bertambah deh.

3. Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca Buku dan Menulis

Tips belajar bahasa Inggris otodidak berikutnya adalah dengan cara membaca buku bahasa Inggris. Jika selama ini Anda gemar membaca novel atau cerita bahasa Indonesia, coba ganti dengan yang berbahasa Inggris.

Cermati dan pahami jalan cerita yang disajikan. Tuliskan atau catat vocabulary yang belum Anda ketahui.

Kemudian, untuk mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris, Anda bisa melakukannya dengan cara menulis cerita pendek. Ya, di awal tidak perlu Anda menulis cerita panjang berbahasa Inggris karena bisa jadi hal itu menyulitkan. Setelah selesai, mintalah keluarga atau teman yang jago bahasa Inggris untuk mengecek cerita pendek Anda dari sisi grammar, struktur penulisan, pilihan kata dan lainnya.

4. Sering Bicara dengan Bahasa Inggris

Mempraktikkan bahasa Inggris tidak saja bisa dilakukan dengan cara menulis. Melainkan, Anda juga bisa melakukannya dengan cara sering berbicara bahasa Inggris dengan teman atau keluarga. Selain itu, Anda juga bisa lho berbicara dengan orang asing via media sosial atau aplikasi tertentu.

Di samping itu, Anda juga bisa mempraktikkan bahasa Inggris dengan cara mem-posting unggahan dengan caption bahasa Inggris di media sosial. Tidak perlu takut salah dalam mempraktikkan bahasa Inggris karena hal itu justru menimbulkan rasa tidak percaya diri yang bisa menghambat proses belajar Anda. Ingat, ‘practice makes perfect!’

Itulah empat tips belajar bahasa Inggris dengan cepat. Dengan menerapkan tips di atas, Anda pun bisa belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Info Terkait