slang bahasa inggris

Jika kamu ingin memantau perkembangan tren bahasa yang sedang ramai dipergunakan, tengoklah kolom komentar media sosial. Dari situ kita bisa melihat jelas gambaran besarnya. Di masa sekarang tren bahasa lebih banyak didominasi oleh penggunaan slang, khususnya slang bahasa Inggris yang notabene bahasa internasional.

Di era digital, istilah-istilah musiman seperti itu muncul dan berlalu dengan sangat cepat, sehingga siapapun yang tidak begitu up-to-date dengan kehidupan di dunia maya tidak akan mampu mengimbangi lajunya.

Slang Bahasa Inggris Populer 2020

Di bawah ini terdapat beberapa slang Bahasa Inggris yang sering kali muncul dalam percakapan-percakapan sekilas di jagat maya. Bagi kamu yang sering mendengar istilah-istilah ini, berikut penjelasan maknanya:

Extra

Kata “Extra” sering dimaknai sebagai sebuah sikap ketika seseorang terlalu berlebihan alias lebay dan mendramatisir sesuatu yang sebenarnya tidak penting.

Contoh:

  • “I’m not kidding, she celebrated her birthday for an entire month. She’s so extra!” (Aku gak bercanda, dia merayakan hari ulang tahunnya sebulan penuh. Dasar lebay!)

Periodt

Istilah “periodt” digunakan sebagai kata penekanan (empasis) dari poin-poin atau pernyataan yang disampaikan, dan diletakkan di akhir kalimat. Istilah tersebut bermakna serupa seperti ketika seseorang menyerukan kata “titik!” dalam dialog Bahasa Indonesia sehari-hari.

Contoh:

  • I don’t want to hear anything else about what I’m doing wrong until you find ways to get yourself right, periodt. (Aku tidak mau dengar apapun lagi tentang kesalahanku sebelum kamu sendiri bisa memperbaiki diri, titik.)

Yeet

Slang Bahasa Inggris yang satu ini muncul sebagai kata serbaguna, tapi lebih sering digunakan sebagai kata kerja dan/atau untuk menceritakan proses pembuangan/peniadaan sesuatu yang berlangsung sangat cepat.

Contoh 1:

  • As someone throws something into the trashcan, that person may scream “YEET.” (Ketika seseorang melempar sesuatu ke dalam tempat sampah, orang itu mungkin berteriak “YEET”.)Contoh 2:
  • That car hit the fire hydrant and then quickly went away. It went “YEET.” (Mobil itu menabrak keran kebakaran dan langsung cepat-cepat pergi. Semuanya berlalu sangat cepat)

Tea

Jika kamu menemukan seseorang berkata “tea” atau “spill the tea”, itu artinya sedang ada gosip yang akan diperbincangkan.

Contoh:

  • Do you know she’s doing last night? Here’s the tea, (Kamu tahu apa yang dia lakukan semalam? Gini ceritanya,)

Thirsty

Slang Bahasa Inggris “thirsty” menggambarkan tipikal orang yang narsis. Haus akan perhatian, pengakuan, atau pujian.

Contoh:

  • He’s posted like 10 selfies in the last hour. So thirsty. (Dia mengunggah 10 foto selfie dalam satu jam terakhir, dasar narsis.)

Stan

Penggunaan slang Bahasa Inggris “stan” bisa berupa kata benda atau kata kerja. Jika berupa kata benda (noun), “stan” menggambarkan fans yang sangat obsesif/fanatik terhadap idolanya. Jika digunakan sebagai kata kerja (verb), istilah“stan” berarti; menjadi penggemar loyal (garis keras) kepada seorang artis.

Contoh 1:

  • She is a BTS stan. (Dia adalah seorang penggemar BTS.)

Contoh 2:

  • I stan them because they’re so talented. (Aku menggemari mereka karena mereka sangat berbakat.)

 Salty

“Salty” adalah sebuah kata sifat yang menggambarkan reaksi atau sikap kesal, tersinggung, marah, dsb.

Contoh:

  • Why you being so salty over something that isn’t your problem at all? (Mengapa kamu begitu kesal dengan sesuatu yang bukan urusan kamu sama sekali?)

Lowkey

“Lowkey” dapat diartikan sebagai; diam-diam, tidak banyak mengumbar, tidak suka pamer, rendah hati, dan sejenisnya.

Contoh:

  •  When we pass through them, stay lowkey. (Saat kita melewati mereka, kita diam-diam saja.)

Highkey

Slang Bahasa Inggris “Highkey” adalah kebalikan dari “lowkey”, yaitu saat kita terang-terangan atau dengan gamblang menunjukan/mengatakan sesuatu.

Contoh:

  • He is kinda highkey when rolling around. (Dia itu agak suka pamer kalau sedang jalan-jalan.)

Lit

Slang Bahasa Inggris “lit” adalah semacam kata sifat untuk menggambarkan sesuatu yang tampak keren, menarik, enerjik, dsb. Tapi bisa juga bermakna teler akibat minuman beralkohol.

Contoh 1:

  • That party was lit. (Pestanya benar-benar keren.)

Contoh 2:

  • I’m way too lit last night. (Aku terlalu teler semalam.)

Belajar Bahasa Inggris Secara Intensif Agar Semakin Pandai Berinteraksi

Untuk dapat berinteraksi dengan baik, kita perlu mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam. Tidak cukup hanya dengan memperkaya perbendaharaan istilah saja. Tapi untungnya, kini siapa saja bisa mendapat pelatihan Bahasa Inggris dengan serba mudah.

Primary English telah menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan untuk mengembangkan skill Bahasa Inggris-mu dengan memanfaatkan akses teknologi. Kamu bisa menentukan sendiri jadwal dan program kursus yang diperlukan.

Mau tahu informasi selengkapnya? Simak disini!