Rumus Future Continuous Tense dan Contohnya

Rumus Future Continuous Tense dan Contohnya

Sudah tahu belum seperti apa rumus future continuous tense? Jika belum, yuk simak artikel ini sampai tuntas! Kami juga akan memberikan contoh future continuous tense.

Mempelajari tense bahasa Inggris adalah hal yang penting guna meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara Anda. Nah, salah satu tense bahasa Inggris yang wajib Anda pahami adalah future continuous tense. Di bawah ini, kami jelaskan untuk Anda pengertian, rumus dan contoh future continuous tense.

Pengertian Future Continuous Tense

Future continuous tense adalah jenis tense yang digunakan untuk menjelaskan peristiwa atau kegiatan yang akan berlangsung di masa depan dan berlanjut hingga beberapa waktu. Jenis tense ini juga memiliki nama lain future progressive tense.

Perlu Anda ingat bahwa kejadian atau kegiatan yang digambarkan dalam future continuous tense memiliki durasi waktu. Lalu apa fungsi penggunaan jenis tense ini?

Fungsi Future Continuous Tense

Future continuous tense memiliki beberapa fungsi dalam penggunaannya. Di antaranya sebagai berikut:

  • Untuk menyatakan sebuah tindakan yang akan atau sedang terjadi di masa depan dengan keterangan waktu yang spesifik. Contoh: Jack will meet you at 10 o’clock tomorrow (Jack akan menemui Anda pada pukul 10 pagi, besok.)
  • Menunjukkan sebuah kejadian yang sedang berlangsung di masa yang akan datang ketika ada kejadian lain yang juga sedang terjadi di masa yang akan datang. Contoh: She will be studying when you call tonight. (Dia akan belajar ketika Anda menelepon malam ini.)
  • Untuk memberikan pertanyaan dengan sopan yang bertujuan menyampaikan niat tertentu. Contoh: will you be coming home? (Akankah Anda datang ke rumah?)

Rumus Future Continuous Tense

Berikut ini rumus future continuous tense positif, negatif dan interogatif. Kami juga paparkan contohnya.

1. Rumus Kalimat Positif

Subject + will/shall + be + verb + ing

Will dapat digunakan untuk subyek I, you, they, we, he, she, it. Sedangkan shall dapat digunakan untuk subyek I dan we. Berikut contoh future continuous tense positif:

  • She will be returning the book to the her friend this afternoon. (Dia akan mengembalikan buku itu pada temannya siang ini.)

2. Rumus Kalimat Negatif

Subject + will/shall + not + be + verb + ing

Perlu diingat, aturan penggunaan will dan shall sama seperti yang dijelaskan pada rumus kalimat positif. Berikut contoh future continuous tense negatif:

  • Erika will not be coming to Elis birthday party next week. (Erika tidak akan hadir di pesta ulang tahun Elis minggu depan.)

3. Rumus Kalimat Interogatif

Will/shall + subject + be + verb + ing?

Perlu diingat, jangan lupa untuk menambahkan tanda tanya di akhir kalimat sebagai ciri khas dari kalimat interogatif. Berikut contoh future continuous tense interogatif:

  • Will you be staying with my sister for a week? (Maukah kamu tinggal bersama adikku selama seminggu?)

Keterangan Waktu untuk Future Continuous Tense

Ada beberapa keterangan waktu yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan kalimat future continuous. Di antaranya sebagai berikut

  • Tomorrow evening: besok sore
  • Next year: tahun depan
  • Tonight at eight o’clock: nanti malam jam 08.00
  • At this time tomorrow: pada waktu ini besok
  • Etc.

Itulah pengertian, rumus dan contoh future continuous tense. Agar makin memahami jenis tenses ini, Anda perlu mempraktikkannya terutama dalam bentuk tulisan.

Info Terkait