Reading Comprehension Test, 10 Tips ini Bikin Nilai Kamu Meroket!

 

Tahukan kamu, Reading Comprehension Test adalah salah satu tes yang memakan waktu dan membuat para peserta ujian kelelahan. Betul kan? Hal ini tentu saja karena teks bahasa Inggrisnya sangat panjang dan membuat kita malas untuk membacanya.

Nah, salah satu cara agar tes reading comprehension kita lancar adalah mempercepat cara membaca kita agar punya waktu untuk mengerjakan soal-soalnya tanpa kelewatan. Langsung saja, kita mulai dengan tips yang pertama!

  1. Berhenti Membaca Dalam Hati

Kenapa membaca dalam hati dapat memperlambat kecepatan membaca? Ternyata menurut Forbes, kecepatan membaca rata-rata orang dewasa adalah 300 kata per menit. Sama dengan kecepatan rata-rata orang ketika berbicara. Hal ini terjadi karena ketika membaca di dalam hati, kecepatan membaca kita sama dengan  saat kita berbicara. Faktanya, kita butuh lebih cepat dari itu untuk menguasai materi bacaannya.. Jadi, jika kita ingin meningkatkan kemampuan membaca, kita harus menghilangkan kebiasaan membaca di dalam hati.

Kita tidak perlu membaca setiap kata di dalam hati untuk mengerti konten bacaannya. Kita bisa mencerna makna dari sebuah kata hanya dengan melihat kata tersebut.

Jika kamu merasa sulit untuk berhenti membaca di dalam hati, bisa kok latihan dengan cara membaca sambil mendengarkan musik instrumental atau bisa juga dengan mengunyah permen karet. Ini bisa mendistraksi kita dari membaca di dalam hati. 

  1. Word-Chunking

Ini merupakan istilah yang digunakan ketika kita membaca beberapa kata sekaligus. Dan ini salah satu tips paling ampuh untuk mempercepat kemampuan membaca kita. Berusahalah untuk membaca dua sampai tiga kata dalam sekali lihat dan terus membaca seperti itu hingga teks bacaan paling akhir. Kita akan bisa memahami teks dengan waktu lebih cepat.

  1. Jangan Membaca Ulang Kata-Kata di Dalam Teks

Ini merupakan salah satu kebiasaan yang paling susah dihilangkan karena kita biasanya “terpaksa” membaca ulang suatu kata atau kalimat karena kita tidak memahaminya. Namun ketahuilah, hal ini sangat-sangat menghambat kecepatan membaca kita karena mata kita akan melompat-lompat dan tidak fokus dengan teks yang sedang dibaca.

Cara paling ampuh untuk menghilangkan kebiasaan ini adalah dengan menggunakan jari kita atau pena untuk mengarahkan mata agar terus membaca dan mengabaikan teks yang telah dibaca. Jangan berhenti atau mundur, terus arahkan jari atau pena sampai akhirnya teks tersebut selesai. 

  1. Gunakan “Peripheral Vision”

Ini merupakan teknik yang merupakan gabungan dari tiga tips sebelumnya. Peripheral vision adalah teknik membaca sebuah teks tanpa harus memotong-motong tapi dengan membaca satu baris sekaligus. Kalian hanya perlu memfokuskan pandangan kalian pada pusat barisan kata-kata dan menggunakan pandangan tepi kalian untuk membaca sisanya. Jika kalian bisa memindai teks dengan cara ini dan dapat memahami teks tersebut hingga akhir. Maka kalian bisa memotong banyak sekali waktu untuk membaca dan memahami suatu teks.

  1. Gunakan Timer

Untuk melatih kecepatan membaca kalian, tentu saja kalian harus men-tracking semua perkembangan kalian. Kalian harus terus menerus membiasakan diri membaca cepat dan efektid agar kedepannya kemampuan kalian dalam memahami suatu teks bisa lebih baik lagi. Bacalah sebanyak-banyaknya kata dalam satu menit dan tingkatkan jumlahnya setiap kali kalian membaca.

  1. Tentukan Target

Dengan menentukan target, kalian merasa termotivasi untuk melatih kemampuan membaca kalian. Bisa dengan “Membaca satu buku bahasa Inggris dalam tiga hari” atau “Mengerjakan tiga puluh soal membaca dalam waktu tiga puluh menit”. Jika kalian mampu menyanggupi target kalian, kalian bisa memberi diri kalian sendiri hadiah dengan memakan makanan enak atau apa pun itu.

  1. Banyak Membaca!

Tips yang sangat klise dan tanpa harus dijadikan salah satu  tips pun kalian pasti melakukannya. Tapi tetap saja kalian harus diingatkan bahwa dengan semakin banyak membaca maka kemampuan kalian semakin baik. Jika kalian tidak punya waktu untuk membaca dalam satu kali duduk, kalian bisa membaca apa pun yang kalian lihat. Seperti pamflet, papan nama, atau poster. Apa pun. Terus membaca dan tingkatkan kemampuan kalian.

  1. Gunakan Penanda

Jika kalian masih merasa kesulitan untuk fokus membaca. Kalian bisa menggunakan penggaris untuk menutup baris-baris kata di bawah dan fokus untuk membaca baris yang ada di atas penggaris. Hal ini bisa memastikan mata kalian untuk fokus pada baris yang sedang kalian baca.

  1. Tingkatkan Vocabulary Kalian

Semakin banyak kata yang kalian tahu dan hafal, semakin cepat anda membaca dan memahami isi dalam teks. Sering kali yang membuat kalian terpaku atau kebingungan saat membaca adalah vocabulary kalian yang terbatas sehingga semakin banyak vocabulary yang kalian pahami, semakin cepat pula kalian membaca. 

  1. Baca Skimming Poin Utama Terlebih Dahulu 

Ketika melihat teks, ada baiknya, hal pertama yang kalian lakukan adalah membaca kalimat pertama di setiap paragraf. Karena biasanya poin utama dari wacana berada di awal paragraf. Jadi, dengan membaca skimming atau membaca sambil lalu poin-poin tersebut. Membuat kalian cepat memahami teks. 

Nah, itu dia tips paling ampuh dalam meningkatkan kemampuan membaca kalian untuk mengikuti tes TOEFL. Semangat terus ya!

Comments to: Reading Comprehension Test, 10 Tips ini Bikin Nilai Kamu Meroket!

    Your email address will not be published. Required fields are marked *