prospek kerja bahasa inggris

Gelar sarjana sastra, entah itu sastra Bahasa Indonesia atau sastra Inggris, sering kali dianggap remeh. Konon, prospek kerja dari jurusan sastra itu tidak menjanjikan. Tidak bisa menghasilkan nominal yang cukup banyak hingga bikin gengsi seseorang naik level. Mungkin karena seorang sarjana sastra identik dengan pekerjaan sebagai tenaga pengajar saja, tidak lebih.

Padahal, kalau kita buka mata lebar-lebar, di zaman sekarang ini prospek kerja Bahasa Inggris itu sebenarnya sangat luas. Keahlian Bahasa Inggris bisa masuk di hampir segala bidang, baik industri ataupun non-industri.

Apa Saja Prospek Kerja Bahasa Inggris?

Di era digital, dengan bermodal keahlian Bahasa Inggris se-level advanced atau proficient user, kamu bisa dengan leluasa menyusup ke industri hiburan, industri kreatif, media jurnalistik, bisnis dan marketing, penerbitan, perdagangan internasional, firma hukum, bahkan hubungan bilateral dan diplomasi antar negara sekalipun.

Bidang-bidang tersebut selalu membutuhkan tenaga profesional dengan keahlian Bahasa Inggris yang mumpuni. Di luar itu, seseorang juga bisa menjadi pakar bahasa atau freelancer profesional. Berikut prospek kerja Bahasa Inggris di era digital:

Translator

Translator atau penerjemah merupakan salah satu profesi yang paling tepat untuk seseorang dengan keahlian Bahasa Inggris. Keahlian sebagai penerjemah Bahasa Inggris dibutuhkan dalam segala bidang, meliputi ranah swasta hingga instansi-instansi pemerintahan.

Kabar baiknya, permintaan jasa translator di era digital juga tergolong tinggi. Tidak sulit untuk menemukan proyek-proyek penerjemahan di berbagai platform online dengan bayaran yang menggiurkan.

Interpreter

Kalau kamu memiliki kemampuan lisan yang fasih, dan ingin bermain di ranah yang minim kompetisi, cobalah menjadi seorang interpreter. Menurut satu sumber, tarif jasa interpreter Bahasa Inggris per harinya dihargai sebesar 2,5 hingga 6 juta rupiah untuk 8 jam kerja. Coba bayangkan berapa banyak yang bisa kamu kumpulkan selama satu bulan bekerja?

Content Creator

Di era digital ini sajian konten sudah menjadi salah satu kebutuhan primer. Apapun yang kita cari di dunia maya, semuanya akan disajikan dalam berbagai format konten. Maka jangan heran jika para pencipta konten bisa menghasilkan nominal yang fantastis.

Khususnya untuk content creator dalam Bahasa Inggris. Jasa pembuatan konten berbahasa Inggris dihargai jauh lebih mahal dibanding konten Bahasa Indonesia. Apalagi jika kamu menyediakan konten untuk brand ternama.

Editor

Editor adalah seseorang yang bertugas menyunting naskah tulisan atau karangan yang akan diterbitkan oleh suatu media/perusahaan penerbit. Terutama dari segi ejaan, diksi, dan struktur kalimat.

Seorang editor harus mampu menyunting berbagai bentuk naskah. Jika kamu punya kemampuan Bahasa Inggris yang baik, cakupan pekerjaanmu akan menjadi lebih luas. Kamu bisa menjadi editor bagi tulisan berbahasa Inggris dengan gaji yang lebih besar.

Travel Guide

Menjadi travel guide atau pemandu perjalanan wisata adalah salah satu prospek kerja Bahasa Inggris yang paling mudah dicari. Apalagi di Indonesia, dengan potensi wisatanya yang sangat kaya, dan selalu dikunjungi wisatawan asing dari mancanegara. Dengan skill Bahasa Inggris yang mumpuni, kamu bisa menyediakan jasa travel guide eksklusif.

Jurnalis

Skill Bahasa Inggris juga berpeluang besar untuk terjun ke dunia pers. Sebagai seorang jurnalis dengan kemampuan Bahasa Inggris, kamu akan berkesempatan mengunjungi berbagai negara untuk meliput berita internasional. Tapi, kita juga diwajibkan memiliki pengetahuan dan keahlian khusus di bidang jurnalistik.

Staf Diplomatik

Seperti yang sudah kita bahas di awal, prospek kerja Bahasa Inggris juga meliputi hubungan diplomasi antarnegara, salah satunya sebagai seorang staf diplomatik. Tapi tentu saja, seseorang dituntut untuk memiliki ketertarikan dan wawasan luas dalam hubungan internasional, politik, agama, budaya, ekonomi, dan pemerintahan.

Walaupun persaingan untuk bekerja di departemen luar negeri memang dikenal cukup ketat, tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena lulusan sastra Inggris selalu mempunyai tempat khusus untuk diterima.

Daya Saing Kerja Semakin Kuat Bersama Primary English

Bekerja di bidang apapun yang kita suka, kemampuan Bahasa Inggris akan memperkuat daya saing kita. Bersama Primary English, kamu bisa mendapat pelatihan eksklusif untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris. Tidak masalah dimanapun kamu berada, kursus Bahasa Inggris online bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak ada waktu luang? Tenang, jadwal kursus bisa kamu atur sendiri sesuai dengan waktu yang tersedia. Primary English telah menyediakan metode dan sarana terbaik untuk mendukung semua kebutuhan kursus. Apa saja kurikulumnya? Dan berapa biayanya? Informasi selengkapnya bisa kamu cek disini!