Perbedaan Penggunaan Because dan Because of

Perbedaan Penggunaan Because dan Because of

Seperti apa sih penggunaan because dan because of yang tepat? Mungkin pertanyaan itu kerap muncul dalam pikiran Anda saat lagi belajar bahasa Inggris. Ketahuilah, kedua kata tersebut memiliki arti yang sama lho, tapi cara penggunaannya berbeda.

Penggunaan because dan because of pun tidak dapat menggantikan satu sama lainnya. Sebab, aturan penggunaan kedua kata itu sangatlah berbeda.

Nah, di bawah ini kami akan menjelaskan perbedaan penggunaan because dan because of. Mari simak dengan saksama!

Penggunaan Because

Because adalah salah satu bentuk konjungsi subordinatif, yakni kata penghubung yang menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat. Because dapat digunakan sebagai penunjuk alasan. Berikut contohnya:

  • Because there was a technical problem, the concert was cancelled. (karena ada masalah teknik, konsernya dibatalkan.)

Keterangan: kalimat bergaris bawah merupakan induk kalimat dan kalimat dicetak tebal adalah anak kalimat.

Apabila dilihat dari contoh di atas, maka kata because selalu diletakkan di awal anak kalimat. Because juga biasa diletakkan sebelum subjek dan verb. Berikut polanya:

Because + subject + verb

Contoh:

  • Father scolded us because we had forgotten to close the garage door. (Ayah memarahi kami karena kami lupa menutup pintu garasi.)
  • Because she finished her report early, she don’t have to go to office tomorrow. (karena dia menyelesaikan laporan lebih awal, dia tidak perlu pergi ke kantor besok.)

Berdasarkan contoh di atas, dapat diketahui bahwa posisi anak kalimat bisa berada di depan atau di belakang induk kalimat. Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca koma (,) di antara kedua kalimat ketika anak kalimat berada di depan induk kalimat.

Penggunaan Because of

Berbeda dengan because, because of termasuk dalam bentuk preposisi atau kata depan yang berfungsi sebagai penunjuk alasan. Dalam pengkaplikasiannya, because of harus diposisikan sebelum noun, noun phrase atau pronoun. Berikut pola yang perlu Anda cermati:

Because of + noun/ noun phrase/pronoun

Contoh:

  • The school is closed because of vulcanic eruption. (Sekolah diliburkan karena erupsi gunung berapi)

Keterangan: vulcanic eruption adalah noun phrase.

Anda juga dapat meletakkan because of di depan verb + ing. Berikut polanya:

Because of + verb + ing

Contoh:

  • Because of waking up late to school, he didn’t take breakfast. (karena terlambat bangun untuk pergi ke sekolah, dia tidak sarapan.)

Sama halnya dengan because, Anda juga bisa meletakkan because of di awal kalimat. Harus diingat untuk tetap menggunakan koma (,) ketika meletakkan because of di awal kalimat ya!

Perbedaan Penggunaan Because dan Because of

Agar lebih mudah memahami perbedaan penggunaan because dan because of, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat dengan arti yang sama namun memiliki perbedaan konteks penggunaannya.

  • Because: Because it’s flooding, they cancel the study tour. (Karena terjadi banjir, mereka membatalkan study tour.)
  • Because of: Because of the flood, they cancel the study tour. (karena banjir, mereka membatalkan perjalanan belajarnya.)

Contoh lainnya:

  • Because: Ani wants to be a singer because she has good voice. (Ani ingin menjadi penyanyi karena ia memiliki suara yang bagus.)
  • Because of: Ani wants to be a singer because of her good voic (Ani ingin menjadi penyanyi karena suaranya yang bagus.)

Itulah perbedaan penggunaan because dan because of. Jangan sampai keliru atau terbalik ya saat menggunakan kedua kata itu.

Info Terkait