Perbedaan Other, Another, Others dan The Other

Perbedaan Other, Another, Others dan The Other

Bingung dengan perbedaan other, another, others dan the other? Tak dimungkiri, keempat kata bahasa Inggris itu memang sering membuat kita bingung.

Tapi jangan menyerah dulu ya sebelum Anda benar-benar tahu perbedaan other, another, others dan the other yang tepat. Keempat kata itu memang memiliki fungsi yang sama, yakni merangkum sebuah objek. Bahkan, ke-semuanya juga mempunyai arti yang sama, yakni ‘lainnya’.

Namun, other, another, others dan the other memiliki perbedaan yang patut Anda cermati. Untuk tahu lebih jelas apa yang membedakan keempat kata itu dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat, ikuti terus penjelasan artikel ini sampai tuntas.

1. Penggunaan Other

Other memiliki arti ‘yang lainnya’. Di dalam kalimat, kata ini tidak dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kata penuh mengingat kata other merupakan determiner.

Other bisa digunakan sebagai pronoun atau adjective. Untuk pronoun, other menggantikan singular noun, sedangkan untuk adjective, kata ini diikuti plural noun.

Lebih lanjut, kata other dapat Anda gunakan sebagai modifier dari noun. Kombinasi noun dan other disebut sebagai noun phrase.

Berikut rumusnya:

  • Other + plural noun
  • Determiner lain + other + singular noun

Contoh:

  • Some people consume coffe regularly. Other people prefer milk. (Beberapa orang mengkonsumsi kopi secara teratur. Orang lain lebih suka susu.)
  • My rabbit and other pets are entrusted to the animal care services. (Kelinci dan hewan peliharaan saya lainnya dititipkan ke tempat perawatan)

2. Penggunaan Another

Another merupakan padanan kata yang setara dengan ‘other’, namun bedanya another khusus untuk benda ‘yang lainnya’ dengan jumlah singular. Sedangkan other dapat digunakan untuk singular maupun plural noun.

Sama-sama determiner, another lebih fleksibel penggunaannya daripada other. Anda bisa menggunakan atau tanpa noun setelah kata another.

Contoh:

  • The fever syrup is expired, please wait me to buy another one. (obat sirup demam sudah kedaluwarsa, tunggu sebentar aku akan membelikan yang lainnya.)

3. Penggunaan The Other

Dalam bahasa Inggris pasti Anda sudah paham bahwa ‘the’ tidak memiliki arti. Namun, apabila keberadaannya di depan sebuah noun, maka akan memengaruhi maknanya menjadi spesifik. Seperti halnya pada the other.

Ketika Anda menggunakan kata ‘other’ dalam kalimat, maka pada kalimat tersebut tidak terdapat penjelasan spesifik terkait objek ‘lainnya’ yang Anda maksudkan. Misalnya, ‘other people’, berarti yang Anda tunjuk adalah orang-orang secara umum tanpa menunjukkan golongan tertentu secara spesifik.

Sedangkan, ketika Anda menyebut ‘the other people’. Saat itu Anda sedang menunjuk sekelompok orang tertentu secara spesifik.

Contoh :

  • Can you choose the other seat? This seat is booked. (Bisakah Anda memilih tempat duduk lainnya? Tempat ini sudah dipesan.)

4. Penggunaan Others

Kata others memiliki fungsi yang sama dengan the other. Namun, dalam pengaplikasiannya, others lebih mudah dan simpel untuk digunakan karena Anda tidak perlu menyebutkan noun setelah ‘others’.

Dengan menggunakan other, secara tidak langsung orang lain sudah paham noun yang Anda maksudkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kata ini untuk menyebut ‘people’ secara umum.

Contoh:

  • In this pandemi situation, we should help others. (Dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus menolong orang lain.)

Itulah perbedaan other, another, others dan the other. Mulai sekarang jangan lagi keliru atau terbalik lagi saat menggunakan keempat kata itu. Perbanyak praktik baik secara tulisan maupun lisan agar makin memahami penggunaan other, dkk.

Info Terkait