Perbedaan in Order to, in Order That dan So That

Perbedaan in Order to, in Order That dan So That

Perbedaan in Order to, in Order That dan So That

Apa perbedaan in order to, in order that, so that? Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, ketiga frasa itu berarti ‘agar’ atau ‘supaya’. Ketiganya merupakan bentuk kata penghubung yang dapat Anda gunakan untuk menjelaskan suatu tujuan.

In order to, in order that dan so that sering muncul dalam percakapan maupun tulisan bahasa Inggris. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaannya.

Ketiga frasa itu memiliki perbedaan yang signifikan jika dilihat dari konteks penggunaannya lho. Ya, Aturan penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi atau grammar yang terkandung dalam kalimat yang dibuat.

Nah, agar tidak dibikin penasaran terus, simak pembahasan lengkap tentang perbedaan in order to, in order that, so that beserta contohnya di bawah ini!

Pengertian

Sebelum masuk lebih jauh ke pembahasan cara penggunaan dan contoh kalimatnya, ketahui terlebih dahulu pengertian dari in order to, dkk. Berikut kami jelaskan untuk Anda.

1. in Order to

Frasa ini adalah bagian dari subordinate conjunction yang diikuti dengan bare infinitive. Subordinate clause tersebut berfungsi untuk mengungkapkan tujuan suatu hal yang dijelaskan pada main clause.

Jenis conjunction ini memiliki makna ‘dengan tujuan untuk melakukan atau memperoleh sesuatu’. Secara umum, in order to digunakan dalam bentuk tulisan. In order to juga memiliki bentuk negatif yakni in order not to.

2. in Order That

In order that juga berfungsi untuk menyampaikan suatu tujuan. Kata hubung ini mempunyai definisi ‘so that something can happen’ yang berarti ‘agar sesuatu dapat terjadi’.

Frasa ini sangat jarang digunakan secara umum. Dengan kata lain, biasanya in order that digunakan hanya pada kondisi formal, seperti dalam pidato, makalah, esai, dokumen perjanjian atau surat resmi.

3. So that

So that dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan in order to. Frasa ini memiliki makna ‘agar’ atau ‘supaya’ yang mana merupakan bagian kata sambung yang digunakan untuk mengutarakan suatu tujuan.

Kata that yang mengikuti so sering dihilangkan dalam penggunaan bahasa Inggris informal. Frasa ini jauh lebih umum digunakan jika dibandingkan dengan in order that, terutama dalam percakapan sehari-hari.

Di samping bertujuan untuk menyampaikan suatu tujuan, so that juga bisa digunakan sebagai penunjuk akibat dari suatu hal atau dalam bahsasa Inggris dikenal dengan istilah ‘to show the result of something’.

Contoh Penggunaan

Berikut kami berikan contoh penggunaan in order to, dkk dalam suatu kalimat. Simak dengan saksama!

1. in Order to

  • My mother woke up early in order to prepare breakfast. (Ibuku bangun lebih awal untuk menyiapkan sarapan.)
  • She set an alarm on her smartphone in order not to get up late. (Dia mengatur alarm di smartphone-nya agar tidak telat)

2. in Order That

  • The government provides free quota for the teachers in order that they can do online teaching. (Pemerintah memberikan kuota gratis untuk para guru agar mereka dapat melakukan pengajaran secara daring.)
  • In order that you are able to complete tasks, take your time effectively. (Agar kamu dapat menyelesaikan tugas-tugas, gunakan waktumu dengan efektif.)

3. So that

  • My brother will tell me the best route so that I arrive on time. (Kakakku akan mengatakan padaku rute terbaik supaya aku tiba tepat waktu.)
  • I will wake up earlier so that I can exercise before going to office. (Aku akan bangun lebih awal agar aku bisa berolahraga sebelum berangkat ke kantor.)

Itulah perbedaan in order to, in order that dan so that. Coba praktikkan ketiga frasa tersebut dalam sebuah kalimat selain yang dicontohkan di atas. Cara ini bisa meningkatkan pemahaman Anda lho.

Latihan Soal

1. She set an alarm on her smartphone __________ get up late.

Correct! Wrong!

2. _______ you are able to complete tasks, take your time effectively

Correct! Wrong!

3. I will wake up earlier ______ I can exercise before going to office

Correct! Wrong!

4. My mother woke up early __________ prepare breakfast

Correct! Wrong!

5. The government provides free quota for the teachers __________ they can do online teaching

Correct! Wrong!

6. My brother will tell me the best route _____ I arrive on time

Correct! Wrong!

In Order to
Selamat!

Info Terkait