Perbedaan Between dan Among yang Perlu Dipahami

Perbedaan Between dan Among yang Perlu Dipahami

Masih sering keliru dalam memahami perbedaan between dan among? Serupa sih, tapi tidak sama. Begitulah kiranya gambaran dari between dan among. Between dan among, kedua kosakata ini memiliki arti yang sama yakni ‘di antara’.

Meskipun keduanya mempunyai arti di antara, konteks penggunaannya berbeda lho. Kesulitan dalam membedakan dua kosakata ini juga karena fungsi dari keduanya sama-sama sebagai preposisi.

Nah, biar tidak gagal paham lagi, berikut akan dibahas tentang perbedaan between dan among. Yuk, simak penjelasan di bawah ini agar pemahaman Anda semakin mantap!

Perbedaan Between dan Among dari Segi Makna

Banyak orang masih sering salah membedakan between dan among. Secara makna, among berarti ‘di antara’ yang cenderung menunjukkan di antara banyak. Misalnya, ketika Anda mengatakan rumah Adit terlihat lebih besar di antara rumah orang-orang di suatu kompleks. Kalimat tersebut menunjukkan rumah itu berada di antara banyak rumah lainnya.

Kata between yang sama-sama berarti ‘di antara’, memiliki makna untuk menyatakan sesuatu yang berada di antara dua pilihan atau dua benda. Misalnya, ketika Anda mengatakan Indah berdiri diantara Sari dan Mega. Maka, dalam bahasa Inggris, kalimat tersebut harus menggunakan preposisi between. Selain itu, between juga berlaku di saat terdapat pilihan lebih dari dua.

Perbedaan Between dan Among dari Segi Penggunaan

Perbedaan between dan among yang perlu Anda pahami bisa dilihat dari cara penggunaannya. Berikut kami jelaskan selengkapnya:

1. Between

Between bisa digunakan dalam menyampaikan hubungan spasial. Di sini, between bermakna satu hal yang berada di antara dua hal. Adapun contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • The hospital is between the park area and the bank. (Rumah sakit ada di antara pertamanan dan bank.)

Selain itu, between bisa digunakan untuk menyatakan dua hal yang saling berlawanan tapi masih dalam satu konteks yang sama. Contoh kalimatnya adalah:

  • I don’t know there is a difference between iOS and Android. (Saya tidak tahu ada perbedaan antara iOS dan Android)

Between sebagai kata preposisi juga dapat digunakan untuk menjelaskan tiga hal atau lebih yang berbeda dalam satu kalimat. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • She had to choose between a romantic novel, a set make up, a latest smartphone and a new shoes for her seventeenth birthday. (Dia harus memilih antara novel romantis, satu set make up, ponsel pintar terbaru dan sepatu baru untuk hadiah ulang tahun ke-17-nya.)

2. Among

Among adalah kata preposisi yang digunakan untuk menunjukkan suatu hal yang menjadi milik sebuah kelompok. Contoh kalimat preposisi ini adalah sebagai berikut:

  • He only ever felt comfortable when he was among his family. (Dia hanya merasa nyaman ketika ia di antara keluarganya.)

Among juga dapat diaplikasikan ketika membicarakan orang atau benda yang memiliki karakteristik sama dan dipandang sebagai suatu kelompok. Berikut contoh kalimatnya:

  • There wasn’t much unity among the football team players. (Tidak ada rasa persatuan di antara pemain tim sepakbola.)

Di sisi lain, among dapat digunakan untuk membicarakan hubungan spasial. Among memberikan keterangan bahwa suatu hal sedang dikelilingi sesuatu yang lain. Inilah contoh kalimatnya:

  • Butterfly always wanted to fly among flowers. (Kupu-kupu selalu ingin terbang di antara bunga-bunga.)

Itulah pembahasan tentang perbedaan between dan among yang perlu dipahami. Mulai sekarang jangan salah atau tertukar dalam menggunakan preposisi between dan among ya!

Info Terkait