1.) Beginning in the Middle Ages, composers of Western music used a system of notating their compositions _____ be performed by musicians.

(A) will
(B) that
(C) and when to
(D) so they could

Arti:

‘Beginning in the Middle Ages, composers of Western music used a system of notating their compositions _____ be performed by musicians’

(Pada abad pertengahan, komposer-komposer lagu Barat menggunakan sistem menotasikan composisi mereka _______ dimainkan oleh para pemusik.)

Pembahasan:

Di dalam kalimat yang tidak lengkap tersebut, kita harus menghubungkan dua kata yang terpisahkan oleh bagian yang kosong. Untuk mengetahui jawaban, kita harus melihat bagian ‘be performed by musicians’ tersebut. Disini, jawabannya bisa kita ketahui saat kita memahami hubungan dari dua bagian yang dipisahkan tersebut. Kita diminta mencari kata yang tepat untuk melengkapi hubungan ‘A maka B’ kalimat tersebut. Oleh karena itu, jawabannya adalah: (D) so they could.

2.) Civil Rights are the freedoms and rights _____ as a member of a community, state, or nation.

(A) may have a person
(B) may have a person who
(C) a person may have
(D) and a person may have

Arti:

‘Civil Rights are the freedoms and rights ______ as a member of a community, state, or nation.’

(Hak-Hak Sipil adalah kebebasan dan hak-hak _______ sebagai anggota suatu komunitas, negara bagian, atau bangsa.)

Pembahasan:

Dalam soal ini, terdapat kata artikel (a), kata benda (person), kata kerja pembantu (may), dan kata kerja (have). Artikel akan selalu diikuti oleh kata benda, dan kata kerja pembantu membantu kata kerja lainnya, jadi ‘a person’ dan ‘may have’ merupakan cara penyusunan yang benar. Setelah itu, kita harus mengetahui apa yang diinginkan oleh soal tersebut dengan menggunakan ‘a person’ dan ‘may have’. Setelah membaca lagi, kita bisa melihat bahwa ‘kebebasan-kebebasan dan hak-hak’ di teks tersebut mengacu pada ‘a person’. Oleh karena itu, ‘a person’ harus dibantu dengan mengikutkan ‘may have’ dibelakangnya. Dengan demikian, jawabannya adalah: (C) a person may have.

3.) During the late fifteenth century, _____ of the native societies of America had professions in the fields of arts and crafts.

(A) only a few
(B) a few but
(C) few, but only
(D) a few only

Arti:

‘During the late fifteenth century, _____ of the native societies of America had professions in the fields of arts and crafts’

(Pada akhir abad ke lima belas, ______ dari komunitas-komunitas asal America memiliki banyak profesi di bidang kesenian dan kerajinan.)

Pembahasan:

Di soal ini, kita harus mengetahui cara penyusunan kata-kata yang tepat dari jawaban yang disediakan. Disini, kita diminta memberikan gambaran bahwa hanya sedikit orang yang memiliki profesi di bidang kesenian dan kerajinan. Oleh karena itu, jawabannya menggunakan kata ‘only’ dikarenkan Hanya dalam bahasa inggris merupakan ‘only’. Kemudian kata only diikuti oleh ‘a few’, karena artikel selalu diikuti oleh kata benda. Jadi, jawabannya adalah: (A) only a few. 

4.) _____ of large mammals once dominated the North American Prairies: the American bison and the pronghorn antelope.

(A) There are two species
(B) With two species
(C) Two species are
(D) Two species

Arti:

‘_____ of large mammals once dominated the North American Prairies: the American bison and the pronghorn antelope.’

(______ dari mamalia-mamalia besar pernah mendominasi padang rerumputan Amerika Utara: Bison Amerika dan Kijang tanduk bercabang.)

Pembahasan:

Di soal ini kita diminta untuk melengkapi bagian yang kosong agar dengan sukses menggambarkan dua spesies mamalia besar yang menguasai padang rerumputan Amerika Utara. ‘There are’ (Ada) merupakan kata yang tepat untuk memulai kalimat tersebut dibandingkan ‘With’ (Dengan). Sementara itu, dua jawaban lainnya tidak menggambarkan tempat dimana kedua spesies tersebut mendominasi. Jadi, jawabannya adalah: (A) There are two species.

5.) Franklin D. Roosevelt was _____ the great force of radio and the opportunity it provided for taking government policies directly to the people.

(A) as the first President he understood fully
(B) the first President that, to fully understand
(C) the first President fully understand
(D) the first President to understand fully

Arti:

Franklin D. Roosevelt was _____ the great force of radio and the opportunity it provided for taking government policies directly to the people.

(Franklin D. Roosevelt adalah ______ kehebatan besar dari radio dan kesempatan yang diberikannya untuk membawa kebijakan-kebijakan pemerintahan langsung ke rakyatnya.)

Pembahasan:

Untuk menjawab soal ini kita cukup mengikuti rumus kalimat bahasa Inggris yang normal digunakan, yaitu: Subyek + Verb + Komplimenter + Modifier. Disini, kita sudah menemukan subyek (Franklin D. Roosevelt), dan verb (was) dalam soal tersebut. Setelah itu, kita tinggal mencari komplimenternya. Apa itu komplimenter? Komplimenter adalah kata benda yang menggambarkan situasi subyek terhadap kata benda tersebut. Disini, ‘the first president’ merupakan komplimenter kalimat tersebut. Setelah menemukan komplimenter, kita tinggal menemukan modifier. Modifier dipakai untuk mengubah arti dari kalimat yang tergabung pada subyek, verb, dan komplimenter untuk memberikan konteks tertentu pada kalimat tersebut. Hampir semua modifier menggunakan preposisi terlebih dahulu, dan karena itulah kita memilih ‘to understand fully’ sebagai pilihan yang benar.

Mengapa bukan (B) jawabannya? Karena disitu terdapat kata that. Preposisi Relatif bentuk ‘that’ tidak dipakai bersamaan dengan penggunaan preposisi biasa untuk menggabungkan kalimat yang sudah memiliki kata konjungsi ‘and’. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah: (D) the first President to understand fully.

 

Bagaimana teman-teman? Apakah kalian mengerjakan semua soal dengan benar? Bagaimana pembahasan soal structure TOEFL ini? Belajar Bahasa Inggris itu sangat mudah kan? Jangan lupa untuk terus belajar Bahasa Inggris dengan giat dan penuh semangat. Jika memiliki pertanyaan seputar soal-soal TOEFL bisa langsung ditanyakan ke kami.