Untuk bagian soal structure TOEFL ini, ada sedikit perubahan pada format tes yang sering disebut dengan Written Expression, dimana kita harus mencari bagian yang salah didalam kalimat soal tersebut.

1).  A variation of collodion photography was the tintype, which captured images on a black or dark brown metal plate instead from on glass.

A. variation
B. which
C. or
D. instead from

Arti:

“A variation of collodion photography was the tintype, which captured images on a black or dark brown metal plate instead from on glass.”
(Variasi dari fotografi collodion adalah tintype, dimana gambar ditampilkan pada plat hitam atau coklat tua ketimbang dari kaca.)

Pembahasan:

Disini, dapat dilihat dari jawaban yang sudah dsediakan bahwa ‘instead from’ bukanlah kata-kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berbeda dari plat hitam atau coklat tua ketimbang di kaca. Jadi kita memakai ‘Instead of’ . Sehingga jawabnya adalah (D). ‘instead from’.

2). In cases of minor injury to the brain, amnesia is likely to be a temporarily condition.

A. In cases of
B. to
C. likely
D. temporarily

Arti:

“In cases of minor injury to the brain, amnesia is likely to be a temporarily condition.”
(Jika terjadi luka ringan pada otak, amnesia berkemungkinan besar menjadi kondisi tersementara.)

Pembahasan:

Soal ini memerlukan kita untuk mengetahui properti suatu adverb (kata keterangan). Umumnya, kata keterangan memerlukan suffix -ly untuk memberikan keterangan pada kata kerja, akan tetapi, yang diterangkan di soal ini adalah kata benda yaitu ‘Condition’, bukan kata kerja. Kata benda condition seharusnya dijelaskan dengan bentuk adjective (kata sifat) dan tidak menggunakan kata ‘Temporarily’. Sehingga  jawabannya  (D). temporarily.

3). The system of chemical symbols, first devised about 1800 gives a concise and instantly recognizable description of a element or compound.

A. system
B. instantly
C. a
D. or

Arti:

“The system of chemical symbols, first devised about 1800 gives a concise and instantly recognizable description of a elment or compound.”
(Sistem dari simbol-simbol kimia, pertama didapatkan  di tahun 1800 memberikan deskripsi yang singkat dan dapat ditemukan secara instan ke elemen dan senyawa.)

Pembahasan:

Apakah kalian tahu cara membedakan article a dan an? a digunakan sebelum kata-kata yang huruf awalannya bukan huruf vokal (a-i-u-e-o) dan an digunakan sebelum kata-kata yang huruf awalannya merupakan huruf vokal (a-i-u-e-o). Jadi, jawabannya adalah (C). a, karena kita harusnya menggunakan ‘an’ sebelum ‘element’.

4). The fact that white light is light composed of various wavelengths may be demonstrating by dispersing a beam of such light through a prism.

A. The fact that
B. composed of
C. demonstrating
D. such

Arti:

“The fact that white light is light composed of various wavelengths may be demonstrating by dispersing a beam of such light through a prison.”
(Faktanya bahwa cahaya putih adalah cahaya yang terdiri dari berbagai macam gelombang  kemungkinan bisa mendemonstrasikan dengan menyebarkan sinar tertentu melewati penjara.”

Pembahasan:

Faktanya, terdapat penggunaan verb-ing yang salah di soal tersebut. Untuk kata ‘demonstrating’, seharusnya tidak dipakai dalam konteks untuk demonstrasi suatu eksperimen. Untuk konteks seperti itu, kita harus memakai bentuk verb-ed dari demonstrate, yaitu demonstrated. Dengan demikian, kata yang salah adalah (C). demonstrating.

5). Over the course of history, much civilizations developed their own number systems.

A. Over
B. much
C. their own
D. systems

Arti:

“Over the course of history, much civilization developed their own number systems.”
(Sepanjang sejarah, jauh peradaban mengembankan sistem numerik mereka sendiri.”

Pembahasan:

Untuk soal ini, kita harus mengerti kata apa yang harus digunakan sebagai penjelas kata ‘civilization’, dimana kata itu merupakan sebuah noun (kata benda), jadi kalimat yang harus digunakan bukan ‘much’, akan tetapi ‘many’ yang merupakan bentuk adjective (kata sifat) dengan arti yang sama dengan kata ‘much’. Jadi jawabannya adalah (B) much.

Bagaimana teman-teman? Apakah kalian mengerjakan semua soal dengan benar? Bagaimana pembahasan soal structure TOEFL ini? Belajar Bahasa Inggris itu sangat mudah kan? Jangan lupa untuk terus belajar Bahasa Inggris dengan giat dan penuh semangat. Jika memiliki pertanyaan seputar soal-soal TOEFL bisa langsung ditanyakan ke kami.

Leave a Comment