Pembahasan Soal Structure TOEFL #16 

pembahasan toefl structure 16

Pembahasan Soal Structure TOEFL

Pembahasan soal TOEFL kali ini adalah tipe structure yang ke #16. Untuk soal-soal berikut, kita harus mencari kata-kata yang tidak sesuai untuk dipakai pada kalimat tersebut. Soal dan jawaban telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga mudah untuk kita pelajari.

Jangan lupa nanti baca juga:

  1. Pembahasan structure TOEFL #13
  2. Pembahasan structure TOEFL #14
  3. Pembahasan structure TOEFL #15
  4. Pembahasan structure TOEFL #17
  5. Pembahasan structure TOEFL #18

Soal No.1

1.) Electrical disturbances on Earth are frequently caused with storms on the surface of the sun. (Gangguan listrik di Bumi biasanya terjadi dimana badai di permukaan matahari.)

(A) Electrical
(B) are frequently
(C) with
(D) on the surface

Pembahasan:

Untuk soal tersebut, kita tidak bisa memakai kata ‘with‘ untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi pada tempat tertentu. Seharusnya kita memakai kata ‘by’. Oleh karena itu, jawabannya adalah: (C) with

Soal No.2

2.) Inventor Granville Woods received him first patent on January 3, 1884, for a steam boiler furnace. (Penemu Granville Woods menerima paten pertamanya pada 3 Januari, 1884, untuk perapian ketel uap.)

(A) him
(B) on
(C) for
(D) steam

Pembahasan:

Penggunaan kata ganti (pronoun) yang tepat sangat krusial untuk kalimat tersebut. ‘Him’ tidak dipakai untuk menjelaskan kepunyaan suatu individual laki-laki. Seharusnya kita memakai kata ‘His’. Oleh karena itu, jawabannya adalah: (A) him

Soal No.3

3.) A deficient of folic acid is rarely found in humans because the vitamin is contained in a wide variety of foods. (Kurang terhadap asam folat jarang ditemukan di manusia karena vitamin tersebut ada di banyak variasi makanan.)

(A) deficient
(B) is rarely found
(C) because
(D) in

Pembahasan:

Saat kalian membaca kalimat tersebut dalam Bahasa Inggris, mungkin kalian akan kebingungan dimana kesalahannya, jadi salah satu trik untuk menjawab soal dengan tepat adalah mengartikannya terlebih dahulu.

Penggunaan kata ‘deficient’ kurang tepat karena hal tersebut tidak menggambarkan kekurangan pada kalimat tersebut dengan benar. Yang harus dipakai adalah’deficiency’, yang berupa kata benda untuk membuat frasa kata benda (noun phrase). Jadi, kata yang tidak digunakan sebagai jawaban soal ini adalah: (A) deficient

Soal No.4

4.) The gopher digs with the big strong claws of its two front foot and with its overhanging front teeth. (Tikus Penggali menggali menggunakan cakar-cakar pada kedua kaki mereka dan gigi besar mereka.)

(A) digs
(B) its
(C) foot
(D) overhanging

Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut, kita harus mengetahui bentuk singular/plural (satuan/banyak) suatu kata benda. Disini, kata ‘foot’ seharusnya tidak dipakai pada bagian kalimat tersebut dikarenakan terdapat dua buah kaki. Versi plural ‘foot’ (kaki) adalah ‘feet’ (kaki). Oleh karena itu, jawaban nomor ini adalah: (C) foot

Soal No.5

5.) An internationally famous ballerina, Maria Tallchief demonstrated that the quality of ballet in North America could equal those of the ballet in Europe. (Balerina internasional terkenal, Maris Tallchief mendemonstrasikan kualitas balet di Amerika Utara bisa disamakan mereka balet di Eropa.)

(A) famous ballerina
(B) demonstrated
(C) the
(D) those

Pembahasan:

Kata ‘those’ tidak dipakai untuk mereferensikan balet di Eropa, karena kata ‘ballet’ pada kalimat tersebut merupakan kata singular. Kata yang seharusnya dipakai untuk mengganti kata tersebut adalah ‘that’, bukan ‘those’. Dengan demikian, jawabannya adalah: (D) those

Bagaimana sobat Primary? Kamu bisa memahami pemabahasan di atas kan? Jangan lupa tetap ikuti pelajaran dari Primary English agar kamu bisa dapat score TOEFL yang tinggi. Ingin Kursus Bahasa Inggris? Ikuti kelas online Primary English sekarang.

Baca juga pembahasan lainnya di sini:

  1. Pembahasan structure TOEFL #13
  2. Pembahasan structure TOEFL #14
  3. Pembahasan structure TOEFL #15
  4. Pembahasan structure TOEFL #17
  5. Pembahasan structure TOEFL #18

Info Terkait