Pembahasan Soal structure TOEFL #11

pembahasan toefl structure 11

Pembahasan Soal Structure TOEFL

Halo sobat Primary? Sudah siap untuk belajar? Pembahasan soal TOEFL kali ini adalah tipe structure yang ke #11 dimana dalam soal terdapat kalimat yang rumpang, kemudian ada 4 pilihan jawaban. Soal dan jawaban telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga mudah untuk kita pelajari.

Jangan lupa nanti baca juga:

Soal No.1

1.) The North Pole _______ a latitude of 90 degrees north. (Kutub Utara __________ garis lintang utara dengan besaran 90 derajat.)

(A) it has
(B) is having
(C) which is having
(D) has

Pembahasan:

Berdasarkan arti dari soal diatas,  kita diminta untuk memberitahukan apa yang dimiliki oleh Kutub Utara. Untuk memberikan gambaran kepunyaan suatu aspek pada benda tertentu, kita hanya perlu memakai ‘has/have’ sesuai situasi yang diberikan suatu kalimat. Disini, berhubung’Kutub Utara’ bisa digantikan dengan ‘It’, maka bentuk yang digunakan adalah ‘has’. Dikarenakan mengikuti rumus I/you/they/we memakai have sementara he/she/it memakai has.

Ditambah lagi, kita harus mencari yang mana dari empat jawaban tersebut yang benar. Kita tidak perlu memakai bentuk ‘continuous’ dari ‘have‘, yaitu ‘having‘, dikarenakan kalimat soal diatas sudah menunjukan sebuah fakta dan bukan perdebatan. Oleh karena itu, kita tidak memakai jawaban (B) dan (C). Jawaban (A) juga tidak tepat dikarenakan kita sudah memiliki kata subyek ‘North Pole’ dan tidak usah memakai kata ganti lagi. jadi, jawabannya adalah; (D) has

Soal No.2

2.) The city of Beverly Hills is surrounded on ______ the city of Los Angeles. (Kota Beverly Hills dikelilingi di ________ kota Los Angeles.)

(A) its sides
(B) the sides are
(C) it is the side of
(D) all sides by

Pembahasan:

Disini, kita bisa melihat bahwa kota ‘Beverly Hills’ dipengaruhi oleh kota ‘Los Angeles’. Jadi, biasakanlah untuk menanamkan ide penggunaan kata ‘by’ sebagai penghubung subyek akan predikat yang mempengaruhi mereka. Kita tidak menggunakan (A), (B), dan (C) dikarenakan mereka tidak menggambarkan pengaruh kota ‘Los Angeles’ terhadap kota ‘Beverly Hills’. Dengan demikian, jawabannya adalah: (D) all sides by.

Soal No.3

3.) _____ greyhound, can achieve speeds up to thirty-six miles per hour. (______ greyhound, bisa berlari sampai kecepatan tiga puluh enam mil per jam.)

(A) The
(B) The fastest
(C) The fastest dog
(D) The fastest dog, the

Pembahasan:

Penggunaan koma merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari dalam menuliskan kalimat di dalam Bahasa Inggris. Bisa kita lihat disini terdapat sebuah awalan yang menginginkan para pembaca untuk menggunakan variasi dari ‘Greyhound is the fastest dog…’ dengan menggunakan variasi ‘the fastest dog, the Greyhound, …’ Penggunaan koma seperti itu digunakan untuk menjelaskan lebih detilnya bentuk kata benda yang disematkan sebelum koma pertama. Oleh karena itu, jawabannya adalah: (D) The fastest dog, the

Soal No.4

4.) Marmots spend their time foraging among meadow plants and flowers or _________ on rocky cliffs. (Marmut menghabiskan waktu mereka mencari makan disekitar tanaman dan bunga rerumputan atau ______ di tebing bebatuan.)

(A) gets sun
(B) sunning
(C) the sun
(D) sunny

Pembahasan:

Untuk kalimat seperti ini, dimana terdapat kata yang menggunakankata kerja -ing dan tidak memberikan unsur waktu, maka penyelesaiannya bisa dengan mudah menggunakan proses eliminasi akan struktur kalimat paradox. Struktur kalimat paradox merupakan struktur kalimat dimana setiap kata kerja harus menggunakan bentuk yang sama. Dikarenakan kata kerja ‘forage’ (mencari makan) memakai bentuk ‘-ing’, maka kita harus memakai variasi yang sama yaitu ‘sunning’ (berjemur). Oleh karena itu, jawabannya adalah: (B) sunning

Soal No.5

5.) The greenhouse effect occurs _____ heat radiated from the Sun. (Efek rumah kaca terjadi ______ panas dihasilkan oleh Matahari.)

(A) when does the Earth s atmosphere trap
(B) does the Earth’s atmosphere trap
(C) when the Earth’s atmosphere traps
(D) the Earth’s atmosphere traps

Pembahasan:

Untuk soal tersebut, kita diminta untuk menggunakan kata yang menggambarkan saat dimana atmosfer bumi mengurung panas yang dihasilkan oleh Matahari. Kita bisa menggunakan variasi dari when dan where sebagai kata yang menunjukkan waktu dan tempat. Dikarenakan soalnya meminta kita untuk menggunakan instansi waktu, maka kita menggunakan kata ‘when’.

Selain itu, dikarenakan kita sudah menggunakan kata benda (verb) setelah kata benda di bagian predikat kalimat tersebut, kita tidak menggunakan variasi jawaban (A) karena ‘does’ tidak digunakan dalam model kalimat yang seperti itu. Di kalimat ini, kita menggunakan variasi kata benda yang berakhiran -s (traps). Jadi, jawabannya adalah: (C) when the Earth’s atmosphere traps

Itulah pembahasan soal TOEFL kali ini. Apakah teman-teman bisa paham dengan penjelasannya? Selalu ikuti materi pelajaran dari Primary English ya.  Ingin Kursus Bahasa Inggris? Ikuti kelas online Primary English sekarang.

Baca juga pembahasan lainnya di sini:

Info Terkait