pelajaran bahasa inggris

Dari sekian banyak mata pelajaran yang dimuat dalam kurikulum pendidikan sekolah, pelajaran Bahasa Inggris sering dianggap momok di kalangan siswa. Katanya, belajar Bahasa Inggris itu susah. Memahami kata-kata asing yang harus dirangkai berdasarkan aturan tata bahasa dengan ragam formula berbeda sering bikin gelagapan.

Apakah itu yang kamu alami? Kalau iya, berarti kamu harus simak dulu tips bermanfaat di bawah ini!

Tips Jitu agar Pelajaran Bahasa Inggris Menjadi Lebih Mudah

Jika Bahasa Inggris terasa sulit dan membebani, sepertinya ada yang salah dengan cara belajar kamu, atau mungkin perspektifnya yang perlu dirubah. Karena Bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit untuk kita kuasai.

Justru sebaliknya, Bahasa Indonesia-lah yang lebih sulit dipelajari oleh penutur asli Bahasa Inggris. Kenapa bisa begitu? Salah satunya karena kita lebih terbiasa menggunakan kalimat pasif ketimbang kalimat aktif. Kalimat pasif tidak ‘sejelas’ kalimat aktif yang terdiri dari subjek-kata kerja-objek, sehingga kita lebih terbiasa membaca makna dari kalimat tanpa harus dijelaskan secara rinci.

Seharusnya keterbiasaan ini akan memudahkan kita menerawang arti dan makna dari suatu bahasa yang lebih terstruktur. Bukan malah sebaliknya. Jadi, tips pertama yang bisa kamu ikuti yaitu:

Lupakan Semua Bias dan Mulai Bangkitkan Ketertarikan

Bisa jadi kesulitan yang kita alami bukan disebabkan oleh materi pembelajaran sehari-hari, melainkan karena terlanjur berpikir bahwa pelajaran Bahasa Inggris itu memang sulit. Lambat laun anggapan seperti ini akan menjadi bias, yang pada akhirnya membuat minat belajar hilang.

Jadi, pertama-tama kita perlu berhenti menganggap Bahasa Inggris itu sulit. Berpikirlah bahwa Bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan. Karena nyatanya memang begitu.

Membuat Suasana Belajar Nyaman

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat suasana belajar terasa nyaman. Ini berlaku tidak hanya untuk pelajaran Bahasa Inggris, tapi juga semua ilmu yang kita pelajari. Pernahkah kamu berada di situasi yang tidak nyaman ketika sedang belajar? Apa yang kamu rasakan? Tentunya belajar akan terasa sulit.

Jika lingkungan belajar tidak memberikan rasa nyaman, kamu bisa coba menciptakan lingkungan sendiri yang lebih baik. Pilih ruang yang tenang dan jauhkan segala macam distraksi. Gunakan kreativitasmu untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan.

Mulai Pelajaran Bahasa Inggris dari Sesuatu yang Mudah

Jangan dulu berpikir tentang formula tenses atau berbagai macam bentuk kata kerja, mulailah dari sesuatu yang paling mudah untuk kamu pahami. Jika menghapal kosakata dan artinya terasa menyenangkan, mulailah dari situ.

Seiring prosesnya, lambat laun rasa ingin tahu akan ikut berkembang, yang akhirnya akan membawa pengetahuan kita ke level berikutnya. Cara ini juga bisa mendorong ketertarikan kita terhadap pelajaran Bahasa Inggris.

Gunakan Hobi dan Kegemaran Sebagai Sarana Belajar

Salah satu cara menyenangkan untuk mempelajari sesuatu adalah dengan memanfaatkan hobi atau kegemaran. Misalnya jika kamu senang menonton serial drama, cobalah untuk menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari setiap kalimat dari dialognya.

Atau mungkin kamu lebih senang mendengarkan musik? Kamu bisa mempelajari lirik-lirik lagu berbahasa Inggris untuk mengembangkan pemahaman tentang Bahasa Inggris.

Pelajaran Bahasa Inggris Menjadi Lebih Mudah dengan Mengikuti Kursus Online

Selain tips di atas, ada satu cara lagi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan lebih maksimal, yaitu mengikuti kursus online Bahasa Inggris.

Kenapa harus ikut kursus online?

Materi pelajaran Bahasa Inggris di sekolah mungkin kurang optimal, tapi materi yang kamu dapatkan melalui kursus online jauh lebih lengkap dan telah disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Kamu akan dibimbing oleh pengajar profesional melalui berbagai modul pembelajaran yang telah dikemas dalam berbagai format digital. Kamu bisa mempelajarinya berulang-ulang kapanpun dan dimanapun melalui gadget.

Mau tahu informasi selengkapnya? Intip disini!