Past Continuous Tense: Definisi, Fungsi, Rumus, Contoh

Past Continuous Tense: Definisi, Fungsi, Rumus, Contoh

Di antara 16 bentuk tenses dalam bahasa Inggris, sudahkah Anda memahami past continuous tense? Jika belum, yuk kita belajar bareng-bareng tentang definisi, rumus dan contoh past continuous tense.

Past continuous tense adalah jenis tense yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang sudah berlangsung lama namun masih tetap terjadi. Begitu-lah pengertian singkat dari jenis tense itu. Agar makin paham, mari kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Past Continuous Tense

Past continuous tense atau past progressive tense ialah bentuk kalimat dalam bahasa Inggris yang menjelaskan suatu tindakan sedang berlangsung selama kurun waktu tertentu di waktu lampau.  Dapat dipastikan bentuk kalimat ini menggambarkan tindakan yang terjadi sebelum (began before), selama (was in progress during) dan berlanjut setelah (continued after) waktu atau tindakan lainnya terjadi pada masa lalu.

Rumus Past Continuous Tense

Sebelum mengetahui rumus past continuous tense, ada baiknya Anda memahami beberapa hal penting berikut ini. Beberapa hal ini juga berkaitan dengan rumus past continuous tense lho.

  • Past continuous tense dibentuk menggunakan auxiliary verb ‘be’, seperti was atau were.
  • Was digunakan untuk singular subject berupa singular noun seperti Ayu, cat, pen dan singular pronoun seperti, I, she, he, dan it kecuali ‘you’.
  • Were digunakan untuk plural subject berupa plural noun seperti cats, people dan plural pronoun seperti you, they, we dan dogs dan you.

Berikut rumus past continuous tense positif, negatif dan interogatif lengkap dengan contohnya:

1. Kalimat Positif

Subject +  was/were + verb + ing

Contoh:

  • They were buying romantic novel. (Mereka sedang membeli novel romatis.)

2. Kalimat Negatif

Subject + was/were + not + verb –ing

Contoh:

  • They were not buying romantic novel. (Mereka tidak sedang membeli novel romantis.)

3. Kalimat Interogatif

Was/were + Subject + verb –ing + O?

  • Were they buying romantic novel? (Apakah mereka sedang membeli novel romantis?)

Penggunaan Past Continuous Tense Berdasarkan Fungsinya

Penggunaan past continuous tense berdasarkan fungsinya terbagi menjadi empat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Sebagai indikasi suatu tindakan yang terjadi selama kurun waktu tertentu di masa lalu. Keterangan waktu atau time expression yang bisa Anda gunakan antara lain: at this time, yesterday, at 4 PM, this evening, in April dan lainnya. Contoh: I was having breakfast at this time last morning. (Saya sedang sarapan pada jam ini kemarin pagi.)
  • Sebagai penunjuk adanya tindakan berdurasi pendek yang terjadi bersamaan dengan tindakan berdurasi panjang. Anda bisa menggunakan subordinate conjunction while dan when. Rumusnya yakni simple past tense + while + past continuous tense atau past continuous tense + when + simple past tense. Contoh: my mother was sleeping when I got home. (ibu saya sedang tidur ketika saya pulang.)
  • Tense ini juga memiliki fungsi untuk menerangkan suatu tindakan yang terjadi berulang-ulang. Interval terjadi secara acak namun menjadi kebiasaan alami. Contoh: The baby was always crying out loud. (Bayi itu selalu menangis dengan keras.)
  • Past continuous tense dapat disematkan verb yang menunjukkan adanya perkembangan atau perubahan, seperti grow up, go, change, improve dan lainnya. Contoh: Her hair was going so long. (Rambutnya menjadi sangat panjang.)

Itulah pembahasan tentang past continuous tense, mulai dari definisi, rumus, fungsi dan contohnya. Agar makin mahir, coba latihan buat kalimat past continuous tense dalam bentuk positif, negatif dan interogatif sesuai rumus di atas!

Info Terkait