Mengenal Apa itu Complex Sentence dan Contohnya

Mengenal Apa itu Complex Sentence dan Contohnya

Apakah Anda sudah tahu apa itu complex sentence? Jika belum, mari simak pembahasan artikel ini sampai tuntas!

Agar lancar berbahasa inggris pastinya Anda juga harus menguasai grammar dengan baik. Melalui penguasaan grammar yang bagus tentu akan meningkatkan kemampuan personal Anda terhadap bahasa Inggris.

Salah satu bentuk grammar yang harus Anda pelajari adalah complex sentence, dalam bahasa Indonesia disebu kalimat majemuk bertingkat.

Nah, agar Anda makin paham dengan complex sentence, ketahui pengertian dan contohnya di bawah ini!

Pengertian Complex Sentence

Complex sentence adalah kalimat yang memuat satu independent clause dan satu atau lebih dependent clauuse. Independent clause adalah kalimat yang mampu berdiri sendiri atau singkatnya disebut kalimat tunggal. Sementara dependent clause adalah kalimat yang bergantung pada independent clause atau singkatnya disebut kalimat terikat.

Dalam pengaplikasiannya, kedua jenis klausa tersebut umumnya dihubungkan dengan tanda koma atau kata penghubung. Agar pemahaman Anda semakin mantap tentang kedua klausa tersebut, baca pembahasan berikut ini!

Independent Clause

Independent clause memilki makna yang utuh sehingga dapat dikategorikan sebagai kalimat lengkap. Dikatakan kalimat lengkap, maka independent clause memiliki struktur subject + verb.

Independent clause pada dasarnya mampu berdiri sendiri dan dapat dikatakan sebagai inti kalimat. Klausa ini dapat berfungsi sebagai gagasan utama yang nantinya dapat dilengkapi oleh dependent clause.

Dependent Clause

Sederhananya, dependent clause bukan kalimat utuh. Klausa ini juga dikenal dengan sebutan subordinate clause. Dependent clause terdiri atas subject dan verb. Ketidakutuhan klausa ini membuat dependent clause bergantung atau terikat pada independent clause.

Pada complex sentence, dependent clause dapat dibagi menjadi tiga jenis. Antara lain seperti berikut:

1. Adverbial Clause

Jenis dependent clause  ini  menggunakan subordinate conjunction sebagai penghubung antara independent clause dengan dependent clause.  Adapun bentuk subordinate conjunction dapat berupa before, after, since, when, because, although dan lain sebagainya.

Secara umum, adverbial clause dapat berada di awal atau akhir complex sentence. Ketika sebuah adverbial clause (dependent clause) berada di awal kalimat, maka antara adverbial clause dengan independent clause dipisahkan dengan tanda koma. Berikut contohnya

  • My mother was cooking when I played. (Ibu saya sedang memasak ketika saya bermain.)

Keterangan:

Subordinate conjunction: when

Adverbial clause: when I played

  • When I played, my mother was cooking. (Ketika saya bermain, ibu saya memasak.)

Keterangan:

Subordinate conjuction: when

Adverbial clause: when I played

2. Adjective Clause

Adjective clause adalah jenis dependent clause yang menggunakan relative pronoun agar dapat terhubung dengan independent clause. Adapaun bentuk relative pronoun di antaranya who, which, whose, whom dan that. Berikut contohnya:

  • This is a smartphone that was made in Indonesia. (Ini adalah smartphone yang dibuat di Indonesia)

Keterangan:

Relative pronoun: that

Adjactive clause: that was made in United State

3. Noun Clause

Jenis terakhir dependent clause adalah noun clause. Ini berarti dependent clause berperan sebagai noun. Adapun noun clause dapat berfungsi sebagai subjek atau objek dalam klausa. Berikut contohnya:

  • What she eaten is yummy. (Apa yang dia makan enak.)

Keterangan:

Noun clause: what she eaten

Fungsi: sebagai subjek

  • I forgot where is my glasses. (Saya lupa dimana kacamata saya.)

Keterangan:

Noun clause: where  is my glasses

Fungsi: sebagai objek

Sekarang Anda sudah mengenal apa itu complex sentence berikut contohnya. Agar makin memahaminya, Anda dapat mempraktikkannya sendiri dengan menuliskan kalimat yang mengandung independent clause dan dependent clause.

Info Terkait