Mengenal Apa itu Grammar dan Istilah di Dalamnya

Mengenal Apa itu Grammar dan Istilah di Dalamnya

Sudah tahu belum apa itu grammar? Jika Anda ingin menguasai bahasa Inggris, Anda harus paham betul tentang grammar lho.

Grammar memang tidak bisa dilepaskan dari materi bahasa Inggris. Mulai dari awal perkenalan hingga ahli tentu akan terus berkutat dengan grammar.

Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dengan materi bahasa Inggris satu ini. Memang, berbagai rumus dan istilah harus diperhatikan dengan baik dalam mempelajari grammar yang benar.

Nah, agar memahami grammar terasa lebih ringan dan tidak menjadi beban, ketahui apa itu grammar dan istilah yang ada di dalamnya.

Apa itu Grammar?

Grammar adalah istilah yang merujuk pada struktur penyusunan kalimat. Dengan menggunakan struktur yang tepat, kalimat akan menjadi sempurna. Struktur penyusunan kalimat lazimnya digunakan dalam segala bahasa, baik bahasa Inggris, bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya.

Dalam bahasa Indonesia, Anda mungkin mengenal istilah SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan). Nah, grammar dalam bahasa Inggris memiliki rumus dan istilahnya tersendiri dalam membentuk kalimat sempurna.

Grammar juga bisa dikatakan sebagai bahasa para native speaker yang dipelajarinya sejak bayi. Kok bisa? Ya, meski ketika kecil bayi belum mengerti apa itu grammar, secara alamiah dan terus menerus mereka akan dapat membedakan arti karena terbiasa mendengarkan pembicaraan orang di sekeliling mereka. Hingga saat dewasa mereka pun mengerti cara menyusun kata menjadi kalimat yang benar.

Istilah Dasar Grammar

Untuk membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris, kenali beberapa istilah yang sering muncul dalam grammar bahasa Inggris berikut ini. Simak dengan saksama ya!

1. To Be

Istilah ini sangat sering kita temui dalam rangkaian rumus grammar, lantas apa itu to be? To be adalah kata dasar dalam bahasa Inggris, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, to be tidak memiliki arti.

To be dapat digunakan sebagai kata penghubung subjek ke predikat. Adapun 3 bentuk to be yakni:

  • I = Am
  • You, We, They = Are
  • He, She, It = Is

2. Part of Speech

Anda wajib memahami part of speech jika ingin lebih mudah memahami grammar bahasa Inggris. Adapun part of speech terdiri dari noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjuction dan interjection.

Perlu diingat, jenis part of speech yang paling dasar yang harus Anda ketahui adalah noun, verb dan adverb.

3. Noun

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, noun ialah kata benda. Noun sendiri terbagi dalam 7 jenis yakni countable noun, uncountable noun, proper noun, common noun, abstract noun, consrete noun, dan collective noun.

Contoh noun: car, water, village, class, etc.

4. Verb

Verb atau kata kerja adalah salah satu kata yang harus ada dalam sebuah kalimat utuh. Adapun fungsi verb untuk menerangkan suatu kegiatan atau aktivitas. Verb terbagi menjadi 4 bentuk yaitu simple tense, past tense, past participle tense dan simple participle tense.

Contoh verb: speak (verb1) – spoke (verb 2) – spoken (verb 3) .

5. Adjective

Adjective dalam bahasa Indonesia disebut kata sifat. Kata ini memiliki fungsi untuk menerangkan kata benda atau memberikan informasi tambahan terkait kata benda tersebut. Adjective biasanya terletak sebelum noun atau pronoun.

Contoh adjective: beautiful, handsome, angry, etc.

Sekarang Anda sudah mengenal apa itu grammar dan berbagai istilah di dalamnya. Agar makin menguasainya, Anda harus mempraktikkan di kehidupan sehari-hari. Cobalah untuk bercakap-cakap atau menulis dalam bahasa Inggris dengan grammar yang benar.

Info Terkait