Memahami Perbedaan Penggunaan Some dan Any

Memahami Perbedaan Penggunaan Some dan Any

Terdapat beberapa kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sama namun berbeda makna, seperti, some dan any. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kedua kata itu, kan?

Penggunaan kata some dan any memang sering dijumpai dalam kalimat bahasa Inggris, baik dalam bentuk tulisan maupun percakapan. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata some dan any memiliki arti beberapa, sesuatu, apa saja, sedikit dan lain sebagainya.

Walau memiliki arti kata yang relatif sama, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan konteks penggunaan. Kata some digunakan dalam kalimat positif, sedangkan kata any banyak digunakan dalam kalimat negatif.

Penggunan Some dan Contohnya

Di bawah ini kami jelaskan penggunaan some dalam tiga konteks kalimat yang berbeda, berikut contohnya. Simak dengan saksama!

1. Penggunaan Some pada Kalimat Positf

Seperti yang disebutkan di atas, some digunakan dalam kalimat positif. Apabila kata some ditemukan dalam bentuk kalimat negatif, maka Anda dapat memastikan bahwa penggunaan tersebut tidaklah tepat.

Agar lebih jelas, Anda dapat memerhatikan contoh penggunaan kata some dalam kalimat positif berikut ini:

  • Kanza needs sugar, egg, flour and some other materials for preparing her cooking practice in the school. (Kanza membutuhkan gula, telur, tepung dan beberapa bahan lain untuk persiapan praktik memasak di sekolah.)

2. Penggunaan Some pada Kalimat Tanya

Kata some juga dapat Anda gunakan dalam bentuk kalimat tanya. Meski dapat digunakan dalam bentuk kalimat tanya, some tidak difungsikan untuk melontarkan pertanyaan. Lalu difungsikan untuk apa? Setidaknya ada, berikut di antaranya:

  • Memberikan sesuau penawaran atau offer. Berikut contohnya: Sarah, would you like some topping for your dessert? (Sarah, kamu mau tambahan taburan untuk makanan penutupmu?)
  • Meminta sesuatu atau request. Berikut contohnya: Kenzi, can you give me some advice for the final exam? (Kenzi, kamu bisa memberikan nasihat terkait ujian akhir?)

3. Penggunaan Some untuk Plural Noun

Some juga dapat digunakan untuk plural noun atau kata benda jamak. Anda dapat menggunakannya ke dalam kalimat yang mengandung countable plural noun dan uncountable plural noun. Berikut contohnya:

  • Countable plural noun: He said that he want to look for some places to visit during his trip in Jogja. (Dia bilang dia mau mencari beberapa tempat untuk dikunjungi selama perjalanannya di Jogja.)
  • Uncountable plural noun: Siska wants to buy some sugar and salt to make a dish. (Siska mau membeli gula dan garam untuk membuat sebuah hidangan.)

Penggunaan Any dan Contohnya

Di bawah ini kami jelaskan penggunaan any dalam tiga konteks kalimat yang berbeda, berikut contohnya. Simak dengan saksama!

1. Penggunaan Any pada Kalimat Negatif

Kata any dapat digunakan pada kalimat negatif dan tidak pernah digunakan dalam kalimat positif. Berikut contohnya:

  • I don’t think there are any reason to left my family. (Aku merasa tidak ada alasan untuk meninggalkan keluargaku.)

2. Penggunaan Any pada Kalimat Tanya

Penggunaan kata any pada kalimat tanya bertujuan untuk memberikan pertanyaan. Jadi jika Anda ingin membuat kalimat tanya, pastikan bahwa Anda menggunakan kata any bukan kata some! Berikut contohnya:

  • Riki, do you have any question about what I explained before? (Riki, apakah Anda memiliki pertanyaan tentang apa yang saya jelaskan sebelumnya?)

3. Penggunaan Any untuk Plural Noun

Sama seperti some, any juga dapat digunakan dalam kalimat yang mengandung countable plural noun dan uncountable plural noun. Namun perlu diingat, kata any harus tetap digunakan pada konteks kalimat negatif. Berikut contohnya:

  • Countable plural noun: Tera didn’t bring any things with her when she came last night. (Tera tidak membawa barang apapun ketika dia datang tadi malam.)
  • Uncountable plural noun: Peter didn’t have any money to buy book. (Peter tidak punya uang sepeser pun untuk membeli buku.)

Itulah perbedaan penggunaan some dan any. Sekali lagi harap diingat, penggunaan some berlaku untuk kalimat positif dan any berlaku untuk kalimat negatif. Jangan keliru atau terbalik ya!

Info Terkait