Memahami Perbedaan Penggunaan See, Look, Watch

Perbedaan See, Look, Watch

See, look, watch adalah tiga kata dalam bahasa Inggris yang memiliki makna yang berhubungan dengan ‘penglihatan’. Karena itu, banyak orang yang keliru dalam penggunaan ketiga kosakata tersebut.

Ya, penggunaan kosakata see, look, watch tidak bisa diletakkan pada kalimat yang sama. Dengan kata lain, ketiga kosakata tersebut tidak dapat menggantikan satu sama lain. Jadi, penting bagi kita semua untuk mengetahui perbedaan penggunaan see, look, watch dalam kalimat bahasa Inggris.

Perbedaan See, Look, Watch

Di bawah ini, kami paparkan perbedaan penggunaan see, look, wacth berikut contoh kalimatnya. Simak dengan saksama ya!

1. Penggunaan See

Kata see digunakan untuk aktivitas melihat sesuatu secara tidak sengaja atau tidak memerlukan usaha. Dengan kata lain, kata see digunakan untuk menjelaskan subject melihat sesuatu tanpa mengindikasikan bahwa subject itu sengaja melihatnya.

Contoh:

  • I saw you in hospital yesterday. (Saya melihat kamu di rumah sakit kemarin).
  • Budi saw beautiful girl in mall after he saw a good film. (Budi melihat perempuan cantik di mal setelah dia melihat film bagus).

Keterangan:

Kedua kalimat di atas menggunakan kata ‘saw’ yang merupakan verb bentuk kedua dari ‘see’. Pada contoh pertama, subject melihat ‘you’secara tidak sengaja di rumah sakit. Sementara itu, pada contoh kedua, Budi (juga) tidak sengaja melihat perempuan cantik saat berada di mal setelah nonton film.

2. Penggunaan Look

Kalau see berarti melihat sesuatu secara tidak sengaja, look memiliki makna melihat sesuatu secara sengaja. Ya, kata kerja look digunakan untuk menerangkan bahwa subject melihat seseorang, benda atau suatu arah tertentu dengan sengaja.

Contoh:

  • Look, it’s raining outside. (Lihat, di luar sedang hujan).
  • Rina looks at the mirror. (Rina melihat ke cermin).

Keterangan:

Pada contoh pertama, kalimat yang digunakan berbentuk kalimat perintah. Kalimat tersebut mengandung makna bahwa subject (karena kalimat perintah maka subject tidak dituliskan) melihat dengan sengaja hujan di luar dan meminta lawan bicaranya untuk melihatnya juga. Sementara itu, pada kalimat kedua, Rina secara sengaja melihat cermin di depannya.

3. Penggunaan Watch

Jika dicermati, watch memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan see dan look. Dalam bahasa Indonesia, watch memiliki arti menonton. Misalnya, menonton film, menonton TV dan menonton pertandingan sepak bola.

Ya, kata watch memang digunakan ketika subject melihat seuatu (object) yang ada pergerakan. Selain itu, watch juga kerap digunakan ketika subject melihat sesuatu dengan konsentrasi dan dalam jangka waktu tertentu.

Contoh:

  • I am watching a good film. (Saya sedang menonton film yang bagus).
  • Budi is currently watching the football match on TV. (Budi sekarang sedang menonton pertandingan sepak bola di TV).

Keterangan:

Pada contoh pertama, subject ‘I’ tengah menonton film yang apik. Aktivitas tersebut, tentunya, dilakukan dengan saksama dan dalam jangka waktu tertentu (misalnya: hingga film selesai). Sementara itu, pada kedua diterangkan bahwa Budi tengah menonton pertandingan sepak bola. Sama seperti contoh pertama, contoh kedua juga dilakukan dengan konsentrasi dan dalam jangka waktu tertentu (misalnya: hingga pertandingan sepak bola itu selesai).

Kata Lain dari See, Look, Watch

Setelah mengetahui perbedaan penggunaan see, look, watch, rasanya kurang pas jika belum mengetahui kata yang memiliki arti mirip dengan ketiga kata tersebut. Memangnya ada? Banyak sekali!

Berikut sejumlah kata verb lainnya yang memiliki arti mirip dengan see, look, watch:

  • Stare: menatap, melihat dengan sangat lama
  • Gaze: menatap (sambil melakukan), memikirkan sesuatu
  • Glare: melihat seseorang dengan marah
  • Glance: melihat sesuatu (secara sekilas) dengan disengaja
  • Glimpse: melihat sesuatu (secara sekilas) dengan tidak disengaja
  • Peer: melihat dengan memaksa
  • Witness: menyaksikan.

Itulah pembahasan tentang perbedaan penggunaan see, look, watch. Mulai sekarang jangan salah ‘taruh tempat’ lagi ya saat menggunakan salah satu dari ketiga kata tersebut.

Info Terkait