Memahami Penggunaan Either, Neither dan Both

Memahami Penggunaan Either, Neither dan Both

Sudahkah Anda tahu perbedaan penggunaan either, neither dan both? Dalam segi arti, ketiga kata itu memiliki arti yang berbeda-beda. Jadi, semestinya kita sudah memahami kapan ketiga kata itu digunakan dalam kalimat.

Namun, jika Anda masih belum memahami penggunaan either, neither dan both, di bawah ini kami jelaskan secara detail dan gamblang. Simak dengan saksama ya!

1. Penggunaan Either

Either dalam bahasa Indonesia memiliki makna ‘salah satu dari dua hal’. Dalam penggunaannya, either dapat diletakkan di depan maupun tengah kalimat.

Perlu dicatat bahwa dalam beberapa konteks, penggunaan either harus tetap diikuti oleh or. Untuk lebih jelasnya lihat contoh kalimat penggunaan either di bawah ini:

  • You can take either the banana or pinapple jam. (Anda bisa mengambil entah sele pisang atau selai nanas.)
  • He hasn’t met either of his grandparents until this day. (Dia belum bertemu satu pun dengan kakek/neneknya sampai hari ini.)

Cermati kalimat terakhir, pada kalimat tersebut tidak terdapat kata or seperti contoh sebelumnya. Either dalam contoh terakhir juga bermakna ‘satu pun’, mengapa bisa begitu?

Hal ini dapat terjadi pada konteks tertentu, either pun dapat bemakna ‘satu pun’ atau juga bisa dijadikan sebagai pengganti ‘too’. Anda dapat menyimak contoh penggunaan either bermakna ‘satu pun’ atau ‘too’ seperti berikut ini.

Contoh either bermakna ‘satu pun’:

  • There are only two titles and I’m not interested in either novel. (Hanya ada dua judul novel dan aku tidak tertarik satu pun dari keduanya.)

Contoh either bermakna ‘juga’ pengganti ‘too’

  • Nana: I wasn’t hungry but she forced me to eat the meal.(Aku tidak lapar tapi dia tetap memaksaku memakan makanan itu.)
  • Kiki: I wasn’t either, but what else we can do? (Aku juga, tapi apa lagi yang bisa kita lakukan?)

2. Neither

Kata neither memiliki arti yang berkebalikan dengan either, yakni ‘bukan salah satu dari keduanya’. Dilihat dari kata ‘bukan’, kita sudah paham bahwa kata neither bersifat negatif. Oleh kerena itu, Anda harus menggunakan kata ini untuk kalimat yang berkonotasi negatif saja.

Jika either diikuti ‘or’, maka neither dapat diikuti oleh ‘not or’ atau ‘nor’. Namun, penggunaan nor hanya berlaku ketika neither digunakan dalam penyebutan salah satu dari dua hal. Ketika neither memiliki arti ‘tidak satu pun dari …’ atau ‘juga tidak’, maka nor tidak digunakan.

Nah, simak contoh penggunaan neither dengan arti ‘bukan salah satu’, ‘tidak satu pun’, dan ‘tidak juga’ berikut  ini.

Contoh neither bermakna ‘bukan salah satu’:

  • I can eat neither bakso nor mie ayam, I don’t like both of them. (Aku tidak bisa makan bakso atau mie ayam, aku tidak suka keduanya.)

Contoh neither bermakna ‘tidak satu pun dari … ‘

  • Neither badminton players wants to slow down their attack. (Kedua pemain bulutangkis sama-sama tidak mau memperlambat serangannya.)

Contoh neither bermakna ‘juga tidak’

  • Zila: I didn’t finish my English homework. (Aku belum menyelesaikan PR bahasa Inggrisku.)
  • Ziya : Neither did I. (Aku juga belum.)

3. Both

Both memiliki arti ‘keduanya’. Kata ini dapat Anda gunakan ketika ingin menyebutkan dua hal sekaligus dalam satu waktu.

Terdapat dua variasi penggunaan both, yakni ‘both’ dan ‘both of’. ‘Both’ dapat digunakan untuk subject noun/pronoun, sementara ‘both of’ dapat digunakan untuk object pronoun. Simak contoh penggunaan both berikut ini!

Contoh penggunaan both:

  • I like both bakso and mie ayam. (Aku sama-sama suka bakso dan mie ayam.)

Contoh both of:

  • Both of us will pass the exam successfully. (Kita berdua akan melewati ujian ini dengan sukses.)

Itulah perbedaan penggunaan either, neither dan both. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Info Terkait