Macam-macam Greetings dalam Bahasa Inggris

macam greeting bahasa inggris

Sebagai makhluk sosial, kita harus mengetahui macam-macam greetings atau ucapan salam baik dalam bentuk formal maupun informal. Ya, mengucapkan salam adalah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, Anda bisa saja dianggap tidak sopan karena tidak mengawali interaksi dengan ucapan salam.

Mungkin Anda sudah mengetahui banyak ucapan salam atau sapaan dalam bahasa Indonesia, baik yang formal maupun informal. Namun, tahukah Anda greetings dalam bahasa Inggris juga sangat beragam.

Jadi, Anda tidak melulu menggunakan ‘how are you’ atau ‘hello’ saat mengawali komunikasi dengan orang lain. Ada banyak lho kata-kata greetings yang bisa Anda gunakan. Yuk, simak dengan saksama!

Macam-macam Greetings dalam Bahasa Inggris

Di bawah ini, akan kami bagikan vocabulary macam-macam greetings dalam bahasa Inggris. Selain itu, kami juga akan membagikan vocabulary ucapan selamat jalan (farewells) dan ungkapan khusus (spesial expressions).

1. Macam-macam Greetings (Ucapan Salam/Sapaan)

Greetings diekspresikan atau diucapkan secara berbeda-beda, tergantung dengan waktu, situasi dan kondisi. Berikut macam-macam greetings yang bisa Anda gunakan untuk percakapan sehari-hari:

  • Good morning (selamat pagi), good afternoon (selamat siang/sore), good evening (selamat malam).
  • Hi dan hello, adalah sapaan yang memiliki arti serupa. Kedua kata sapaan itu bisa digunakan dalam kegiatan atau aktivitas formal. Sementara itu, aktivitas yang tidak formal bisa menggunakan hey.
  • How are you, adalah sapaan untuk menanyakan kabar atau kondisi orang yang menjadi lawan bicara. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sapaan how do you do, yang memiliki arti serupa dengan how are you. Keduanya termasuk sapaan yang formal.
  • How are you doing, how are things dan how’s it going, adalah sapaan untuk menanyakan kabar atau kondisi orang yang menjadi lawan bicara secara informal.

2. Fareweels (Ucapan Selamat Jalan)

Farewells adalah ucapan selamat jalan yang biasanya dikespresikan atau disampaikan pada akhir percakapan. Berikut macam-macam fareweels yang bisa Anda gunakan untuk percakapan sehari-hari:

  • Good-bye (selamat tinggal). Good-bye termasuk farewells yang cenderung formal.
  • Have a nice (day/evening/weekend) yang memiliki arti semoga hari/malam/pekanmu menyenangkan. Kata-kata ini bianya diucapkan di akhir percakapan saat hendak berpisah dengan kolega atau teman. Di samping itu, penjual di pertokoan juga tidak sedikit yang mengekspresikan have a nice… kepada pelanggannya. Adapun balasan yang tepat untuk ucapan tersebut adalah you too (semoga hari/malam/pekanmu juga menyenangkan).
  • See you, see you soon dan see you later (sampai jumpa). Kata-kata tersebut termasuk farewells yang informal.

3. Special Expression (Ungkapan Khusus)

Special expression atau ungkapan khusus bisa diekspresikan dalam waktu dan kondisi tertentu. Misalnya, Anda ingin mendoakan teman Anda yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Anda bisa mengekspresikannya dengan special expression ‘good luck’ (semoga sukses/beruntung. Berikut macam-macam special expression yang perlu Anda ketahui:

  • Good luck (semoga sukses/beruntung), diekspresikan saat ingin mendoakan kesuksesan/keberuntungan orang lain.
  • Happy birthday (selamat ulang tahun), happy new year (selamat tahun baru).
  • God spede atau Godspeed, diekspresikan saat ingin mendoakan orang lain yang hendak membuka usaha baru atau melalukan perjalanan.
  • Excuse me, diekspresikan saat ingin meminta perhatian orang lain atau meminta seseorang untuk tidak menghalangi jalan Anda. Selain excuse me, Anda juga bisa mengunakan I beg your pardon yang memiliki serupa.

Itulah macam-macam greetings, berikut fareweels dan special expression dalam bahasa Inggris. Mulai sekarang jangan memakai greetings yang itu-itu saja ya!

Info Terkait