Ketahui Perbedaan How Much dan How Many

Ketahui Perbedaan How Much dan How Many

Masih sering bingung dengan perbedaan how much dan how many? Meski sama-sama digunakan untuk menanyakan jumlah banyaknya benda, kedua kata itu memiliki perbedaan dalam praktik penggunaanya.

Faktanya, meskipun kelihatan mudah tapi masih saja ada yang kesulitan membedakan keduanya. Kedua kata tersebut berlaku untuk ‘cara menghitung satuan benda’. Anda dapat lebih mudah mengetahui perbedaannya dengan memasukkan benda yang akan dihitung ke dalam kategori ‘benda dapat dihitung’ atau ‘benda tak terhitung’.

Agar lebih mudah paham dengan perbedaan how much dan how many, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Perbedaan yang Perlu Diketahui

Agar lebih mudah paham dengan perbedaan how much dan how many, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Penggunaan How Much

Much yang berarti banyak sering digunakan untuk menghitung satuan benda. Dalam bahasa Inggris, much digunakan untuk menghitung benda yang tidak dapat dihitung secara pasti atau belum dapat diketaui jumlahnya dalam bentuk tunggal (uncountable noun). Benda yang termasuk dalam uncountable noun tidak perlu dikategorikan dalam bentuk singular maupun plural. Kosakata much yang didahului dengan kata so, too, atau as dapat digunakan sebagai pernyataan afirmatif.

Adapun contoh uncontable noun yakni seperti ketika Anda menghitung gula. Anda tidak dapat menghitung gula secara fisik melainkan ukurannya. Gula dalam bahasa inggris tidak dapat dinyatakan dalam bentuk satuan dengan one sugar, two sugar dan seterusnya.

Benda-benda lain yang termasuk dalam uncountable noun adalah water, sand, salt, rice, flour, milk, hair dan lainnya.

Setelah mengetahui arti much dan kata benda yang termasuk ke dalam uncountable noun, berikut contoh kalimat penggunaan “much”:

  • How much flour do you need for make your bread? (Berapa banyak tepung yang Anda butuhkan untuk membuat roti?)
  • Can you tell me how much water our mother asks? (Bisakah Anda memberi tahu saya seberapa banyak air yang ibu kita minta?)

2. Penggunaan How Many

Seperti much, many juga berarti banyak atau dalam jumlah banyak. Namun, kedua kata itu memiliki perbedaan yang signifikan. Many adalah kata yang digunakan untuk menghitung benda yang dapat ditentukan jumlahnya atau berupa kata benda jamak (countable noun).

Disamping itu, many sering kali juga digunakan dalam kalimat afirmatif secara terus-menerus. Kosakata ini dapat menggantikan  a lot of atau lots of yang juga bermakna banyak dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Countable noun yang identik dengan many memiliki arti benda yang dapat dihitung atau benda yang dapat dihitung secara langsung. Misalnya, ketika Anda menghitung banyaknya Apel dalam keranjang atau buku yang Anda bawa ke sekolah. Anda dapat menghitung benda tersebut dengan tujuh buah apel atau empat buku.

Nah, apa saja sih benda yang termasuk countable noun? Contoh benda yang termasuk countable noun yaitu manggo, person, pen, children, box, cat, bottle dan lainnya.

Setelah tahu apa itu many dan contoh benda countable noun, kini saatnya Anda menyimak contoh penggunaan kosakata many dalam bahasa Inggris yang tepat:

  • How many manggo do you need to make this manggo juice? (Berapa banyak mangga yang Anda butuhkan untuk membuat jus mangga ini?)
  • How many people are there in the teacher room? (Berapa banyak orang yang sedang berada di ruang guru?)

Itulah penjelasan tentang perbedaan how much dan how many beserta contoh penggunaanya. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa how much adalah kata untuk uncountable noun dan how many digunakan untuk countable noun.

Info Terkait