Kenali Perbedaan Penggunaan Will dan Going to

Perbedaan Will dan Going to

Mungkin Anda tahu, will dan going to memiliki arti yang sama, yakni ‘akan’. Namun, tahukah Anda kedua kata itu memiliki perbedaan konteks penggunaan?

Ya, tidak sedikit kata dalam bahasa Inggris yang memiliki makna yang sama. Sebut saja must dan have to yang sama-sama memiliki makna ‘harus’. Adapun will dan going to yang memiliki arti ‘akan’ biasa digunakan untuk present future tense. Kedua kata itu menggambarkan aktivitas atau kejadian yang akan terjadi di masa depan.

Kali ini kami akan membahas tentang perbedaan penggunaan will dan going to. Untuk memudahkan pemahaman Anda. kami juga memberikan contoh kalimat penggunaan kedua kata tersebut. Yuk simak dengan saksama!

Perbedaan Will dan Going to

Apa sih perbedaan yang terlihat kentara dari will dan going to? Seperti yang Anda ketahui, will adalah salah satu modal auxiliary verb atau dalam bahasa Indonesia disebut kata kerja bantu. Begitu juga going to juga termasuk anggota modal auxiliary verb.

Hal yang membedakan kedua kata tersebut adalah penambahan ‘be’ di depan going to. Tentunya, penambahan be yang terdiri dari is, am, are harus disesuaikan dengan subjek yang mendahuluinya.

Penggunaan Will

Selanjutnya, mari kita pahami penggunaan will dalam kalimat bahasa Inggris. Konteks seperti apa sih yang bisa menggunakan will dalam kalimat? Mari kita cek bersama!

1. Keputusan Mendadak

Will bisa digunakan untuk menunjukkan subjek melakukan pengambilan keputusan secara tiba-tiba (rapid decision). Berikut contoh kalimatnya:

  • I look you soo hungry. I will buy nasi uduk for you. (Kamu terlihat sangat lapar. Saya akan membelikan kamu nasi uduk.)

2. Menyatakan Janji

Will juga biasa digunakan untuk menyatakan janji di masa depan kepada orang lain. Berikut contoh kalimatnya:

  • I will buy you new smartphone right on your birthday. (Saya akan membelikan kamu smartphone baru tepat di hari kelahiranmu.)

3. Menyatakan Ancaman

Selain janji, will juga bisa digunakan untuk menyatakan ancaman kepada orang lain. Berikut contoh kalimatnya:

  • If you don’t go to school today, I will giye you punishment. (Jika kamu tidak berangkat sekolah hari ini, saya akan memberikan hukuman untukmu.)

Penggunaan Going to

Setelah mengetahui penggunaan will, sekarang saatnya mengetahui penggunaan going to dalam kalimat bahasa Inggris. Mari kita lihat!

1. Menyatakan Rencana Masa Depan

Going to biasa digunakan untuk menyatakan rencana masa depan, baik yang bersifat realistis dan logis maupun tidak. Berikut contoh kalimatnya:

  • They are going to visit Jakarta tomorrow. (Mereka akan mengunjungi Jakarta besok.)

2. Menunjukkan Tanda-tanda yang Akan Terjadi

Going to juga bisa digunakan untuk menunjukkan tanda-tanda yang akan terjadi di masa depan. Berikut contoh kalimatnya:

  • Rani had not studied hard yesterday. I am sure she is going to get bad score in exam. (Rani tidak belajar keras kemarin. Saya yakin dia akan mendapatkan nilai ujian yang jelek.)

Will dan Going to Bisa Digunakan dalam Konteks Sama

Ya, will dan going to bisa kok digunakan dalam konteks yang sama, yakni untuk menyatakan prediksi. Berikut contoh kalimatnya:

  • I think I will get nice score in exam today. (Saya pikir saya akan mendapatkan nilai ujian yang bagus hari ini.)
  • I think I am going to get nice score in exam today. (Saya pikir saya akan mendapatkan nilai ujian yang bagus hari ini.)

Itulah perbedaan penggunaan will dan going to dalam kalimat bahasa Inggris. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda.

Info Terkait