istilah bisnis dalam bahasa Inggris

Komunikasi bisnis adalah sesuatu yang bersifat fundamental. Artinya, Semua pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan bisnis wajib menguasai kemampuan komunikasi yang baik. Tak terkecuali untuk kamu yang sedang bersiap diri memasuki dunia kerja.

Di dalam keseharian lingkungan perusahaan, kita akan menemukan berbagai macam jargon atau istilah bisnis dalam bahasa Inggris. Bagi sebagian orang, terutama yang belum lama berkecimpung di suatu lingkungan perusahaan, istilah-istilah seperti itu kadang membingungkan. Kendati begitu, jargon merupakan sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari komunikasi bisnis.

Istilah Bisnis dalam Bahasa Inggris

Untuk memperkaya vokabuler jargon kita dalam komunikasi bisnis, mari kita bahas istilah-istilah populer berikut ini:

1. Best in Class

Jargon “best in class”  secara harfiah berarti; yang terbaik di kelasnya. Maksudnya, produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis/perusahaan dianggap sebagai yang terbaik dibanding produk atau jasa kompetitor dalam kategori yang sama. Istilah ini mengacu pada perbandingan level kualitas.

Contoh:

  • You may not regret it, cause this one is the best in class. (Kamu mungkin tidak akan menyesalinya, karena yang satu ini adalah yang terbaik di kelasnya.)

2. Value Add

“Value add” menggambarkan proses penambahan nilai yang dilakukan perusahaan terhadap produk atau layanannya sebelum ditawarkan kepada konsumen. Dalam prakteknya, value add bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari peningkatan kualitas produk hingga branding marketing.

Contoh:

  • A company that builds strong brands often adding their logo to a product, this is a simple example of the value add practice. (Perusahaan yang telah membangun label yang kuat sering kali menambahkan logo mereka pada suatu produk, ini adalah contoh sederhana dari praktek penambahan nilai.)

3. Game Changer

Istilah “game-changer” mengacu pada individu, perusahaan, atau kelompok tertentu yang memiliki kemampuan untuk membuat perubahan besar yang dapat mengubah iklim persaingan. Sering kali perubahan ini berlangsung secara radikal, tetapi dampaknya hampir selalu mengarah pada perubahan perilaku konsumen, khususnya cara berpikir dan pola konsumsi.

Contoh:

  • Becoming a game-changer requires a long-term commitment as well as innovative thinking. (Untuk menjadi seorang game-changer dibutuhkan komitmen jangka panjang serta cara berpikir yang inovatif.)

4. Action Plan

Jargon “action plan” merupakan suatu rencana terperinci tentang tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Action plan akan menjelaskan bagaimana kita akan mengoperasikan dan mengelola bisnis dalam jangka waktu tertentu, atau berdasarkan situasi/kondisi tertentu.

Contoh:

  • A business action plan could help you to get on the right track when facing a specific issue. (Sebuah action plan bisnis akan membantumu mengambil penanganan yang tepat ketika menghadapi suatu masalah spesifik.)

5. On the Same Page

“On the same page” adalah istilah bisnis dalam bahasa Inggris yang sudah cukup populer. Maknanya adalah; berpikir dengan cara yang sama, memiliki level pengetahuan yang sama, atau memiliki pemahaman/sudut pandang yang sama tentang sesuatu dengan orang lain.

Contoh:

  • If a group of people are on the same page, they’re mostly working well together. (Jika sekelompok orang memiliki pemahaman yang sama, mereka biasanya dapat bekerja sama dengan baik.)

6. Game Plan

Istilah “game plan” menjelaskan suatu gambaran besar tentang ‘apa’, ‘siapa’, ‘bagaimana’, ‘kapan’ dan ‘mengapa’ dalam mencapai tujuan tertentu. Game plan dan action plan sekilas memang tampak mirip. Hanya saja game plan lebih menekankan tentang mendominasi bisnis.

Contoh:

  • The governor is developing a game plan to lure businesses to the region. (Pemerintah sedang mengembangkan sebuah game plan untuk memancing bisnis ke wilayah tersebut.)

7. Thought Leadership

Ada banyak definisi yang menjelaskan tentang “thought leadership”. Namun jika kita tarik garis besarnya, istilah tersebut dapat dimaknai sebagai gaya kepemimpinan yang menjadikan seseorang begitu disegani berkat konsep pemikiran dan ide-ide revolusionernya.

Contoh:

  • Thought leadership marketing is the art of positioning your company as a leader in its field through best-in-class content. (Thought leadership marketing adalah seni untuk menjadikan perusahaan Anda sebagai pionir di bidangnya melalui konten terbaik di kelasnya.)

8. Brainstorm

Istilah bisnis dalam bahasa Inggris yang satu ini sudah cukup sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Bahasa Indonesia istilah “brainstorm” dikenal sebagai “curah pendapat”, yaitu semacam metode kreatif untuk mencari penyelesaian masalah dengan cara mengumpulkan gagasan secara spontan.

Contoh:

  • There is no limit to the type of problem or question that can be addressed through brainstorming. (Tidak ada batasan masalah atau pertanyaan yang dapat diselesaikan melalui brainstorming.)

9. Price Point

Istilah “price point” sering muncul dalam kegiatan bisnis, terutama yang berkaitan dengan industri retail. Price point adalah harga eceran yang disarankan dari suatu produk. Harga ditentukan berdasarkan jumlah permintaan dan faktor kompetisi.

Contoh:

  • The price point was reached as planned and our position in the market was strong. (Titik harga sudah tercapai sesuai rencana dan posisi kita kuat di pasar.)

10. Organic Growth

Istilah “organic growth” atau pertumbuhan organik adalah pertumbuhan yang dicapai perusahaan dengan meningkatkan output dan penjualan melalui sumber daya perusahaan sendiri.

Contoh:

  • In some industries, particularly in retail, organic growth is measured as comparable growth in a 13-week period. (Di beberapa industri, terutama industri retail, pertumbuhan organik diukur sebagai pertumbuhan yang sebanding dalam periode 13 minggu.)

Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Demi Kelancaran Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis bertujuan untuk memberi informasi, melakukan persuasi,  kolaborasi, dan melakukan integrasi dengan audiens. Demi mencapai tujuan tersebut tentunya diperlukan kemampuan komunikasi bisnis yang mumpuni pada setiap individu, terutama jika bekerja di perusahaan asing dimana Bahasa Inggris menjadi bahasa utama yang dipergunakan.

Kini, siapapun bisa mendapat pelatihan eksklusif untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris. Tidak masalah dimanapun kamu berada, kursus Bahasa Inggris online bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak ada waktu luang? Tenang, jadwal kursus bisa kamu atur sendiri sesuai dengan waktu yang tersedia. Primary English telah menyediakan metode dan sarana terbaik untuk mendukung semua kebutuhan kursus.

Apa saja kurikulumnya? Dan berapa biayanya? Informasi selengkapnya bisa kamu cek disini!