interview kerja bahasa inggris

Interview kerja dalam Bahasa Inggris biasanya dilakukan ketika seorang perekrut sedang mencari kandidat untuk pekerjaan tertentu yang membutuhkan kemampuan verbal kuat dalam tugas-tugasnya. Biasanya perusahaan asing dan perusahaan multinasional yang beroperasi di dalam negeri sering membutuhkan peran-peran seperti ini.

Selain itu, wawancara dalam Bahasa Inggris juga biasa dilakukan ketika seseorang akan bekerja di luar negeri. Tentu saja, karena Bahasa Inggris akan dipergunakan dalam rutinitas kerja.

Yang jadi permasalahannya adalah; banyak orang merasa tidak percaya diri ketika mengikuti prosesnya.

Tips Persiapan Interview Kerja Bahasa Inggris

Jangankan interview dalam bahasa asing, mengikuti interview dengan bahasa yang dipakai sehari-hari saja rasanya tegang bukan main. Yang jelas, rasa tidak percaya diri tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, dan salah satunya faktor persiapan.

Maka dari itu, kali ini Primary English akan membantu kamu mempersiapkan interview kerja dalam Bahasa Inggris melalui beberapa tips di bawah ini. Yuk, kita simak!

Melakukan Observasi Bidang Pekerjaan

Langkah awal yang perlu dipersiapkan untuk menjalani proses interview adalah melakukan penelitian terkait bidang pekerjaan yang kamu lamar. Ketahui seluk beluk bidang tersebut, divisi yang akan ditempati, dan jangan lupa tentang kultur di sekitar lingkungan perusahaan.

Selain itu, pastikan kamu sudah menguasai pemahaman-pemahaman terkait industri dimana perusahaan tersebut bergerak. Semua ini berguna agar kamu dapat mengumpulkan vokabuler yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar selama interview kerja Bahasa Inggris.

Buat Simulasi Jawaban dari Pertanyaan-Pertanyaan yang Berpotensi Muncul Selama Interview Berlangsung

Beberapa hari menjelang jadwal Interview, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan membuat naskah simulasi yang berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul selama interview. Berikut beberapa tips untuk membuat simulasi jawaban interview kerja Bahasa Inggris:

  • Jawab setiap pertanyaan dengan jelas dan meyakinkan.
  • Ceritakan semua pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Gunakan rangkaian kalimat yang menarik, interaktif, namun tetap profesional.
  • Hindari menceritakan hal-hal yang tidak perlu seperti hobi, kegemaran, lingkungan pertemanan/keluarga, apalagi masalah-masalah pribadi.
  • Hindari menceritakan sesuatu yang tidak dipertanyakan.
  • Utamakan ‘value’ dan kontribusi yang akan kamu berikan untuk perusahaan.
  • Jangan menjanjikan sesuatu yang tidak bisa kamu tepati atau diluar kemampuan, misalnya seperti; menjanjikan kenaikan angka penjualan hingga 70% dalam satu bulan.
  • Jangan memberikan jawaban yang terkesan ambigu, karena berpotensi berbalik menjadi jebakan.

Selain poin-poin di atas, sebaiknya pelajari juga jenis-jenis pertanyaan jebakan yang biasa dilontarkan selama interview kerja Bahasa Inggris.

Latih Kemampuan Pronunciation dan Aksen Bahasa Inggris yang Kamu Gunakan

Wawancara Bahasa Inggris bukan sekadar membahas teori, kamu juga harus terdengar fasih secara vokal. Apalagi beberapa kosakata mungkin terasa sulit ketika diucapkan.

Dalam Bahasa Inggris, kesalahan dalam pronunciation bisa berpotensi menjadi salah makna. Oleh sebab itu, pelafalan menjadi nilai penting selama proses interview. Selain itu, pelajari juga aksen Bahasa Inggris yang kamu gunakan, entah itu aksen Amerika, Kanada, atau British.

Pelajari Tata Bahasa (Grammar)

Interview kerja termasuk ke dalam komunikasi formal. Oleh sebab itu, usahakan untuk dapat menyusun kata-kata dengan struktur tata bahasa yang baik dan benar. Selama interview kerja, seseorang biasanya akan banyak menggunakan conditional tenses, simple past, dan present tenses.

Sebagai gambaran, jenis kalimat conditional tenses berikut ini bisa dipakai saat menjanjikan sesuatu jika lamaran diterima:

  • If I get this job I would work well both independently and as part of a team.
  • If I had a tight budget I would cut manufacturing costs.

Dengarkan dengan Cermat Sebelum Menjawab Pertanyaan Interview Bahasa Inggris

Sebelum menjawab suatu pertanyaan, cobalah untuk mendengarkan dengan teliti tentang apa yang perekrut tanyakan. Tangkap kata kunci apa yang diutarakan kepadamu.

Misalnya perekrut mengatakan “What are your responsibilities in your previous role?”. Kita bisa menangkap kata “responsibilities” dari pertanyaan itu, yang artinya tanggung jawab di pekerjaan sebelumnya. Jika ada ucapan yang tidak terdengar jelas, jangan sungkan untuk meminta mengulangi pertanyaan.

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Bersama Primary English

Bekerja di perusahaan besar membutuhkan kemampuan komunikasi yang mumpuni, terutama Komunikasi Bahasa Inggris. Bersama Primary English, kamu bisa mendapat pelatihan eksklusif untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris. Tidak masalah dimanapun kamu berada, kursus Bahasa Inggris online bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak ada waktu luang? Tenang, jadwal kursus bisa kamu atur sendiri sesuai dengan waktu yang tersedia. Primary English telah menyediakan metode dan sarana terbaik untuk mendukung semua kebutuhan kursus. Apa saja kurikulumnya? Dan berapa biayanya? Informasi selengkapnya bisa kamu cek disini!