Gerund: Definisi, Jenis dan Contoh

Gerund: Definisi, Jenis dan Contoh

Sudah tahu belum contoh gerund yang benar dalam kalimat bahasa Inggris? Bukan hal yang sulit untuk menemukan penggunaan kata ini karena gerund merupakan bentuk kata yang sudah umum digunakan.

Mungkin tanpa sadar Anda sudah pernah mengucapkannya dalam percakapan atau penulisan bahasa Inggris sehari-hari. Nah, sebenarnya apa itu gerund dan bagaimana contoh gerund dalam sebuah kalimat? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Definisi Gerund

Sederhananya, gerund adalah bentuk kata kerja yang diberi akhiran –ing. Jadi, kata kerja (verb) yang berakhiran –ing kemungkinan besar merupakan gerund.

Meski terbentuk dari kata kerja, gerund merupakan bentuk kata benda (noun) atau fungsinya membendakan kata kerja. Oleh karenanya, gerund berbeda dengan present participle meski sama-sama berakhiran -ing. Gerund adalah jenis kata benda, sedangkan present participle merupakan kata kerja yang memiliki arti sedang.

Contoh gerund dalam kalimat:

  • Smoking is not good for women. (Merokok tidak baik untuk perempuan.)
  • Please put the plate on the dining table. (Silahkan letakkan piring itu di atas meja makan.)

Jenis dan Contoh Gerund

Gerund terdiri atas empat jenis dalam hal konteks penggunaannya. Berikut kami paparkan selengkapnya dengan disertai contoh kalimatnya.

1. Gerund as Subject of Sentence

Gerund as subject of sentence adalah bentuk gerund yang diposisikan sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Berikut contohnya:

  • Drawing is my hobby. (Menggambar adalah hobiku.)
  • Swimming is necessary to refresh our body. (Berenang penting untuk menyegarkan tubuh kita.)

2. Gerund as Object of Sentence

Gerund as Object of Sentence adalah bentuk gerund yang diposisikan sebagai objek dalam kalimat. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • She love watching action film. (Dia suka menonton film aksi.)
  • Raya like hanging out with her family. (Raya suka berkumpul bersama keluarganya.)

3. Gerund as Complement

Gerund as complement adalah bentuk gerund yang diposisikan sebagai pelengkap dalam sebuah kalimat. Berikut contoh gerund as complement:

  • My father’s daily acivity is teaching. (Kegiatan sehari-hari ayah saya adalah mengajar.)
  • What she usually does during holiday is cooking. (Yang biasa dia lakukan ketika liburan adalah memasak.)

4. Gerund as Object of Preposition

Gerund as object preposition adalah bentuk gerund yang diposisikan setelah kata preposisi seperti in, for atau of. Inilah contoh kalimat gerund as object preposition:

  • I was thinking about placing a new carpet in the living room. (Saya berpikiran untuk menempatkan karpet baru di ruang keluarga.)
  • Kania became intrigued in Indonesian language after learning it on Sunday. (Kania menjadi tertarik dengan bahasa Indonesia setelah mempelajarinya di hari Minggu.)

5. Gerund as Appositive

Appositive adalah kata benda (noun) yang digunakan untuk menjelaskan kata benda lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa terdapat dua kata benda dalam kalimat yang memiliki frasa appositive. Nah,  gerund dapat berfungsi sebagai appositive.

Berikut contoh gerund as appositive dalam sebuah kalimat:

  • A common thing to do, like reading novel, makes me excited. (Sebuah hal yang sering dilakukan, seperti membaca novel, sungguh membuatku senang.)
  • I can’t lie that water sport, especially surfing, are very beautiful to watch. (Aku tidak bisa bohong kalau olahraga air, terutama berselancar, sangat indah untuk ditonton.)

Itukah pembahasan tentang definisi, jenis dan contoh gerund. Jika kita cermati dengan saksama, ternyata mudah ya memahami materi gerund. Yuk praktikkan dalam bentuk percakapan maupun tulisan bahasa Inggris!

Info Terkait