Degrees of Comparison: Pengertian, Jenis dan Contoh

Degrees of Comparison: Pengertian, Jenis dan Contoh

Sudahkah Anda tahu apa itu degrees of comparison? Jika belum, mari kita simak pembahasannya di dalam artikel ini.

Dalam bahasa Indonesia, baik dalam bentuk tulisan maupun percakapan, kita sering membuat kalimat perbandingan antara dua objek atau lebih. Misalnya: kamu ‘lebih pintar’ dari saya. Nah, kalimat perbandingan itu dalam bahasa Inggris dinamakan degrees of comparison.

Tentunya, ada aturan tersendiri yang harus ‘dipatuhi’ saat membuat kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca tuntas artikel ini ya!

Pengertian Degrees of Comparison

Seperti yang dijelaskan di atas, degrees of comparison adalah bentuk kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk membandingkan dua objek atau lebih. Dalam praktiknya, hal yang diperbandingkan adalah kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb) dari objek tersebut.

Degrees of comparison terdiri atas tiga jenis, yakni positive degree, comparative degree dan superlative degree. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis-jenis Degrees of Comparison

Di bawah ini kami terangkan jenis-jenis degrees of comparison berikut contoh kalimatnya. Mari kita cermati bersama!

1. Positive Degree

Positive degree digunakan untuk menerangkan perbandingan antara dua hal yang memiliki tingkatan sama (alias sebanding). Kalau dalam bahasa Indonesia, positive degree bisa disebut ‘sama dengan’.

Dalam praktiknya, positive degree tidak perlu mengubah bentuk adjective atau adverb yang digunakan. Anda cukup menambahkan ‘as … as’ untuk mengapit adjective atau adverb. Berikut rumusnya:

S + V + as adjective/adverb as + O

Contoh positive degree:

  • Siti is as pretty as Rani. (Siti sama cantiknya dengan Rani.)
  • I want to be as strong as my brother. (Saya ingin menjadi sekuat kakak saya.)

2. Comparative Degree

Comparative degree digunakan untuk menerangkan perbandingan dua objek yang mana salah satu objek memiliki sifat ‘lebih’. Misalnya: lebih pintar, lebih cantik, lebih tinggi dan lainnya.

Dalam praktiknya, adjective atau adverb yang digunakan harus ditambahkan ‘-er’ atau ‘more’. ‘-er’ ditambahkan untuk adjective dan adverb yang tidak lebih dari dua suku kata. Misalnya, big menjadi bigger, small menjadi smaller dan lainnya. Adapun ‘more’ digunakan untuk adjective dan adverb yang lebih dari dua suku kata. Misalnya, comfortable menjadi more comfortable, beautiful menjadi more beautiful.

Jangan lupa untuk menambahkan kata ‘than’ (daripada) setelah adjective atau adverb yang Anda gunakan ya! Kata than di sini menunjukkan sifat lebih dari salah satu objek yang Anda gunakan. Berikut rumusnya:

S + V + adjective/adverb + -er + than + O

Atau

S + V + more + adjective/adverb + than + O

Contoh comparative degree:

  • This smartphone is more expensive than that laptop. (Smartphone ini lebih mahal daripana laptop itu.)
  • Budi’s house is bigger than Rani’s house. (Rumahnya Budi lebih besar daripada rumahnya Rani.)

3. Superlative Degree

Superlative degree digunakan untuk menerangkan perbandingan antara tiga hal atau lebih yang mana salah satu hal menjadi ‘paling’ dari hal lainnya. Misalnya: paling ganteng, paling pintar, paling tinggi dan lainnya.

Dalam praktiknya, adjective atau adverb yang tidak lebih dari dua suku kata ditambahkan ‘-est’. sementara adjective atau adverb yang lebih dari dua suku kata ditambahkan ‘most’. Jangan lupa untuk menambahkan kata ‘the’ sebelum adjective atau adverb yang Anda gunakan ya! Berikut rumusnya:

S + V + the + adjective/adverb + -est + O

Atau

S + V + most + adjective/adverb + O

Contoh superlative degree:

  • Budi is the funniest man in the world. (Budi adalah orang yang paling lucu di dunia.)
  • Siti is the most confident student in my class. (Siti adalah siswi yang paling percaya diri di kelas saya.)

Itulah pembahasan tentang degrees of comparison, mulai dari pengertian, jenis dan contoh kalimatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Info Terkait