Definisi, Struktur dan Contoh Hortatory Exposition

Definisi, Struktur dan Contoh Hortatory Exposition

Yuk kenalan dengan hortatory exposition sebagai text dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan untuk memengaruhi orang lewat tulisan. Ya, melalui pemikiran yang Anda tuangkan dalam hortatory exposition, Anda dapat menyampaikan persuasi kepada orang lain.

Sekilas, hortatory teks hampir sama dengan analytical text, namun keduanya memiliki perbedaan. Nah, berikut ini ini Anda akan tahu lebih jauh tentang hortatory exposition Yuk, simak dengan saksama!

Pengertian Hortatory Exposition

Sederhananya, hortatory exposition adalah jenis teks bahasa Inggris yang bersifat persuasif. Jenis teks ini biasa digunakan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai suatu hal yang boleh atau tidak boleh untuk dikerjakan.

Hortatory teks juga disebut sebagai salah satu jenis teks formal yang dibuat berdasarkan fakta, bukan opini penulis.  Oleh sebab itu, Anda akan lebih sering menemui jenis teks ini pada jurnal ilmiah, majalah, artikel, koran dan sejenisnya.

Hortatory teks berfungsi untuk menjelaskan suatu isu dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca. Maka, Anda dapat menulis jenis teks ini jika Anda ingin memberikan informasi secara detail. Melalui tulisan yang Anda buat, Anda harus mampu membuat orang yang membaca tulisan Anda setuju dan sependapat dengan pemikiran tersebut.

Lantas apa perbedaan jenis teks ini dengan analytical exposition?

Singkatnya, analytical exposition bertujuan menyadarkan pembaca terkait suatu isu penting, sedangkan hortatory teks bertujuan untuk memersuasi atau memengaruhi pembaca agar setuju bahkan mengikuti instruksi terkait isu penting.

Struktur Hortatory Exposition

Jika Anda ingin membuat hortatory teks, Anda harus mengikuti struktur yang benar. Berikut kami jelaskan selengkapnya:

1. Thesis

Thesis merupakan bagian pembuka dalam hortatory teks. Pada bagian ini, Anda dapat mengungkapkan pendapat atau opini yang relevan.

Bagia pembukaan harus berdasarkan fakta yang relevan tetang isu atau tema yang akan Anda tulis dalam isi.

2. Arguments

Pada bagian inti teks, diperlukan pendapat atau argumen untuk memperkuat bukti bahwa opini yang Anda tulis berdasarkan fakta. Hal ini dapat memperkuat opini yang Anda tulus.

Agar makin kuat, Anda bisa memasukkan rekomendasi, pendapat orang lain atau sumber terpercaya sebagai bagian pendukung opini pada tulisan di bagian awal.

3. Recommendation

Berbeda dengan analytical exposition yang memiliki kesimpulan di bagian akhir tulisan, hortatory exposition memaparkan rekomendasi untuk pembaca.

Rekomendasi dapat Anda buat dalam bentuk saran terkait apa yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan. Atau, dalam bentuk opini sesuai dengan yang Anda paparkan di bagian inti (arguments).

Karakteristik Hortatory Exposition

Sedikitnya ada enam karakteristik hortatory teks, di antaranya sebagai berikut:

  • Tulisan berfokus pada penulis
  • Menggunakan abstract noun
  • Selalu menggunakan action verb dan thinking verb
  • Menggunakan temporal connective
  • Kalimat yang digunakan menggunakan passive voice
  • Menggunakan grammar simple present tense

Contoh Hortatory Exposition

Berikut adalah conttoh hortatory teks yang dapat Anda jadikan referensi.

‘The Importance of Writing’ (Judul)

Thesis

I personally think that writing is a very important activity in my life. Why do I say so?

Argument I

Firstly, by writing I can inspire other people about many things that I write.

Argument II

Another reason, writing can give us pleasure too. When I sad, I can write about anything that I feel and make to be better.

Recommendation

From the fact above, it’s interesting that everyone needs to write to inspire him/herself and other people. In summary, I can say writing is truly important in my life.

Itulah pembahasan tentang hortatory exposition, mulai dari definisi, struktur dan contohnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Info Terkait