Dalam mempelajari sebuah bahasa inggris, sesungguhnya ada empat skill yang harus kita kuasai, yaitu berbicara (speaking), membaca (reading), menulis (writing), dan mendengarkan (listening) di dalam bahasa tersebut. Keempat kemampuan berbahasa tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan tolak ukur bagi kemampuan berbahasa kita. Namun, barang tentu, mempelajari semua skill atau kemampuan itu secara bersamaan akan membuat kita agak kelimpungan dan sering kali menjadikan kita tidak fokus.

Selain itu, mempelajari semua hal itu bersamaan juga membuat kita merasa “Duh, ternyata susah ya belajar Bahasa Inggris itu!” sehingga kadang memicu kita untuk menyerah di tengah jalan. Sayang sekali ya…

Nah, untuk kalian yang baru saja ingin mulai mengasah kemampuan berbahasa Inggris kalian dengan tujuan untuk mendapatkan nilai bagus dalam ujian TOEFL maupun ELITS; mungkin hanya ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar bisa bekerja dan kuliah di luar negeri. Ada baiknya kalian memilih salah satu dari keempat skill berbahasa tersebut untuk menjadi fokus pembelajaran berbahasa kalian.

Tujuannya?

Tentu saja agar pembelajaran bahasa kita jadi lebih mudah dan terfokus. Namun, jangan sembarangan memilih fokus skill kemampuan berbahasa. Lalu, pertanyaan selanjutnya, bagaimana memilih skill yang paling pertama harus dipelajari? Yuk, simak, penjabaran berikut ini!

1. Sesuaikan dengan Tipe Belajar

Bahasa adalah sesuatu yang dipelajari, sama seperti pelajaran-pelajaran lainnya. Maka dari itu, kalian harus memilih dengna cermat dan menyesuaikan dengan metode belajar yang paling kalian sukai. Misalnya, jika kalian adalah tipekal orang yang suka menghafal sesuatu dengan menulis, ada baiknya kalian mulai dengan writing skill. Lalu, jika kalian suka mendengar musik saat belajar, ada baiknya kalian memulai dengan mengganti musik-musik tersebut dengan audiobook dalam bahasa Inggris. Yah, itu memang hanya sebagian dari metode belajar. Tapi fokus skill bisa disesuai kan dengan gaya belajar tersebut.

2. Sesuaikan dengan Hobi

Jika kalian orang yang suka membaca, mulailah belajar bahasa dengan membaca buku dalam bahasa Inggris sebanyak-banyaknya. Dengan mempelajari bahasa melalui apa yang kalian sukai, kalian akan semakin merasa familiar dengan bahasa tersebut.

3. Mulai dengan Skill yang Mudah Bagi Kalian

Beberapa orang kadang memaksakan dirinya untuk mempelajari skill berbahasa yang palign sulit mereka kuasai. Hal ini tentu akan membuat kalian merasa tertekan dan lebih cepat untuk meyerah dalam mempelajari bahasa baru. Ada baiknya kalian mulai dengan melatih skill yang paling kalian kuasai dulu. Setelah skill tersebut mampu kalian pelajari dengna baik. Mulailah berpindah ke skill lainnya.

Baik, itu dia tiga tips yang bisa kalian gunakan dalam memilih skill berbahasa mana yang ingin kalian pelajari lebih dulu. Semoga kalian terbantu! Semangat terus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian ya~

Cek Tips Lainnya: