Home Beasiswa Luar Negeri 7 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

7 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

beasiswa luar negeri

7 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Dengan program beasiswa, kita akan mendapatkan keringanan untuk lanjut kuliah di luar negeri. Namun, karena persaingannya cukup ketat, kali ini Primary English akan memberikan 7 Tips untuk kamu agar mudah mendapatkan Beasiswa S2 di Luar Negeri.

1. Serius Lanjut S2

Tips yang pertama adalah seriusi keinginan untuk lanjut S2 ini. Karena banyak sekali yang ragu untuk lanjut studi S2. Yakinlah bahwa dengan studi S2 hidupmu akan lebih bermanfaat.

Jika kamu ragu, kamu akan melakukanya dengan setengah-setengah dan ini akan membuat peluangmu untuk lolos beasiswa S2 luar negeri semakin sedikit. Ingat, kamu bersaing dengan ratusan orang untuk mendapatkan beasiswa ini. Jadi, pastikan bahwa kamu serius untuk mendapatkan beasiswa S2 ini.

Jadi, Tips Mendapatkan Beasiswa S2 di Luar Negeri yang pertama adalah niat yang serius.

2. Menentukan Program Kuliah

Yang kedua buatlah daftar prioritas. Ada banyak sekali beasiswa S2 luar negeri yang bisa kamu ikuti. Namun, kamu tidak bisa mengikuti semuanya kan? Kamu harus membuat daftar prioritas dengan cara memilih sesuai kemampuan dan keinginan kamu.

Jika kamu masih bingung untuk memilih. Ada baiknya kamu mempertimbangkan hal di bawah ini :

  1. Jurusan. setiap kampus memiliki jurusan unggulan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Pastikan kamu memilih kampus yang memiliki akreditasi jurusan yang baik serta sesuai dengan jurusan yang ingin kamu ambil.
  2. Biaya hidup. Setiap negara memiliki rentang biaya hidup yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. jadi, akan lebih baik kalau kamu memilih negara dengan tingkat biaya hidup yang sesuai dengan kemampuanmu apalagi jika budget yang kamu miliki terbatas.
  3. Peluang. Peluang ini adalah salah satu faktor penting yang harus kamu pertimbangkan. Setidaknya cobalah kalkulasikan atau hitung berapa % peluang yang kamu miliki untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Setidaknya itulah hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk memilih program beasiswa S2 di luar negeri. Kamu bisa mendaftar di 2 atau 3 tempat sekaligus untuk jaga-jaga semisal kamu gagal di satu tempat. Jangan mendaftar terlalu banyak, fokusmu akan terpecah dan kamu akan keteteran dalam mempersiapkan segala persyaratan beasiswa yang diperlukan.

3. Cari Informasi Kampus di Internet

Setelah kamu menentukan daftar prioritasmu dan paham mana beasiswa yang ingin kamu daftar, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang beasiswa tersebut. Mulai dari informasi yang terkecil sekalipun lantaran semua informasi tersebut sangat diperlukan untuk memperlebar peluangmu untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Hal yang perlu kamu cari tahu adalah tentang universitas tersebut, sistem pembelajaran, hingga negara tempat universitas tersebut berada. Ketahui juga pola hidupnya, cara komunikasi & bersosialisasi, biaya hidupnya serta hal penting lainnya.

4. Persiapkan Dokumen

Tips keempat adalah membuat persiapan yang baik. Semua hal akan berjalan dengan lebih lancar jika kamu memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu. Mulailah membuat list dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan sampai pendaftaran tiba.

Kamu juga harus mulai kursus bahasa Inggris dari sekarang, baik dibidang speaking (untuk wawancara) ataupun dibidang tertulis (untuk ujian TOEFL/IELTS). Karena kemampuan bahasa Inggris menjadi poin utama dalam mendaftar beasiswa S2 luar negeri.

5. Gabung di komunitas

Tips Mendapatkan Beasiswa S2 di Luar Negeri yang selanjutnya adalah dengan bergabung pada sebuah komunitas para pencari beasiswa. Melalui komunitas tersebut kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi yang mungkin tidak ada di internet.

Kamu juga bisa sharing dengan temanmu seputar belajar bahasa Inggris, atau hal detail lainnya. Sangat dianjurkan agar kamu sering-sering bertanya agar mendapat banyak informasi.

6. Bertanya Kepada yang Dapat Beasiswa

Tips Mendapatkan Beasiswa S2 di Luar Negeri yang selanjutnya adalah dengan meminta saran pada teman, kerabat atau kenalanmu yang berhasil lolos seleksi penerimaan beasiswa tersebut. Meminta saran ini adalah hal yang sangat efektif agar kamu tahu apa kekuranganmu dan apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kekuranganmu agar nantinya kamu bisa lolos seleksi dan berhasil mendapatkan beasiswa di tempat yang kamu impikan.

7. Kursus

Jika kamu belum yakin dengan kemampuanmu, mulailah dengan kursus. Kamu bisa kursus bahasa Inggris untuk menyiapkan syarat TOEFL atau IELTSnya. Atau bisa juga kursus di bidang tertentu untuk menambah skill kamu sebagai persyaratan tambahan jika memang diperlukan. 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Tips Mendapatkan Beasiswa S2 di Luar Negeri yang direkomendasikan. Jika kamu ingin menyiapkan persyaratannya, jangan terlalu mendadak. Usahakan beberapa bulan sebelum seleksi agar persiapan yang kamu lakukan bisa lebih matang. Jangan lupa perbanyak doa juga, agar hatimu merasa tenang saat menjalani persiapan ini.

Mau belajar bahasa Inggris? Ingin memepersipakan TOEFL atau IELTS? Ikuti kursus bahasa Inggris online di Primary English. Materinya lengkap dan pengajarannya mudah dipahami. Lihat kelasnya di sini:

English FirstLihat juga info kursus bahasa Korea online DI SINI