Home Grammar Pengertian Adverb dan Penggunaannya

Pengertian Adverb dan Penggunaannya

pengertian adverb

Pengertian Adverb dan Penggunaannya

Pengertian Adverb dan Contoh Kalimat – Adverb atau kata keterangan adalah kata yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah kata kerja, kata sifat, kata keterangan lain, atau bahkan seluruh kalimat. Adverb sering kali diakhiri dengan -ly.

Untuk Memahami Penggunaan Adverb dan Contoh Kalimat, sebagai berikut:

Penggunaan Adverb

1. Adverbs (Kata Keterangan) dengan Verbs (Kata Kerja)

Adverbs sering kali mengubah Verbs. Ini berarti mereka menggambarkan tentang bagaimana suatu tindakan itu terjadi. 

Namun, ada jenis Verb yang tidak cocok dipasangkan dengan Adverbs. Yaitu Lingking Verbs (Kata kerja keterangan), seperti feel, smell, sound, seem, dan appear.

Perhatikan contoh kalimat yang salah berikut dari penggunaan Adverbs yang dipasangkan dengan Verbs:
I feel badly about what happened. (Saya merasa tidak enak mengenai apa yang terjadi.)

Yang benar adalah sebagai berikut: I feel bad about what happened. (Saya merasa tidak enak mengenai apa yang terjadi.)

Karena kata “feel” adalah Linking Verb, maka lebih tepat menggunakan Adverbs daripada Adjective. Kata Adverbs menjelaskan bagaimana kamu melakukan tindakan dalam perasaan sedangkan kata sifat (adjective) menggambarkan apa yang kamu rasakan.

2. Adverbs (Kata Keterangan) dengan Sentences (Kalimat)

Beberapa Adverb dapat mengubah seluruh kalimat. Tidak heran, ini disebut sebagai Sentences Adverbs. Contohnya adalah generally, fortunately, interestingly, dan accordingly. Sentences Adverbs tidak mendeskripsikan satu hal tertentu dalam kalimat. Sebaliknya, dia mendeskripsikan perasaan umum tentang semua informasi dalam kalimat.

Penempatan Adverb

Adverbs ditetakkan sedekat mungkin dengan kata yang akan diubah. Penempatan Adverbs di tempat yang salah dapat menghasilkan kalimat yang ambigu, dan yang paling buruk dapat mengubah seluruh artinya. Kamu harus berhati-hati walau dengan hanya menempatkan satu kata saja.

Contohnya, kamu dapat melihat perbedaan antara dua kalimat ini:

  1. Phillip only fed the cat.
  2. Phillip fed only the cat.

Kalimat pertama berarti Phillip hanya melakukan memberi makan kucing. Dia tidak melakukan membelai kucing atau hal lain apapun itu. Sedangkan, pada kalimat kedua berarti Phillip memberi makan hanya ke kucing, dia tidak memberi makan kepada anjing, binatang lain yang ada di sekitar.

Tips menghindari Adverb?

Pada kenyataannya, kita sulit untuk menghindari Adverbs. Kadang-kadang kita membutuhkan dan menggunakannya juga. Salah satu trik yang dapat kamu gunakan adalah menghindari Adverbs yang tidak perlu.

Jika Verb atau Adjectives terlihat kurang tepat, alih-alih mencari Adverbs, kamu dapat mencoba menggunakan Verb atau Adjective yang lebih tepat sebagai gantinya. Kamu akan mendapatkan kata yang lebih baik dan tulisan kamu akan lebih tepat.

Contoh Kalimat dari Adverb

Agar kamu Memahami Penggunaan Adverbs lebih lanjut, simak contoh kalimat berikut:

  • I thought the movie ended abruptly. = Saya rasa film itu berakhir tiba tiba.
  • Writing regularly in my journal is soothing. = Menulis secara teratur dalam jurnal memang menenangkan.
  • He truthfully answered the police officer’s questions. = Dia dengan jujur menjawab pertanyaan petugas polisi.
  • She arrived early for attend the meeting. = Dia datang lebih awal untuk mengikuti rapat.
  • Her outfit showcased her delightfully quirky personality. = Pakaiannya menunjukkan kepribadiannya yang unik dan menyenangkan.
  • Siti sighed uneasily, knowing that the dark sky was a sign of the impending storm. = Siti menghela napas dengan tidak mudah, mengetahui bahwa langit gelap adalah tanda badai yang akan datang.

Nah, sekarang kamu telah memahami penggunaan Adverb. Jika kamu masih belum paham, kami sarankan untuk membaca lagi dari atas dengan detail. Selamat berlatih.

Ingin mendalami bahasa Inggris? Ikuti kursus online bahasa Inggris bersama Primary English. Kamu akan dibimbing belajar sampai lancar. Pengajarannya mudah dipahami. Mau lihat kelasnya? Masuk di sini:

English FirstLihat juga info kursus bahasa Korea online DI SINI