Home Beasiswa Luar Negeri 7 Syarat Mendapatkan Beasiswa S1 Luar Negeri

7 Syarat Mendapatkan Beasiswa S1 Luar Negeri

beasiswa S1 luar negeri

Beasiswa S1 Luar Negeri

Kuota beasiswa S1 luar negeri yang tersedia tidaklah banyak. Sedangkan jumlah pelamarnya ada banyak. Namun kita bisa menyiapkan syarat-syarat yang paling penting agar bisa mudah lolos mendapatkannya. Kali ini Primary English akan membagikan 7 syarat mendapat beasiswa S1 luar negeri yang harus kamu penuhi, simak berikut ini:

Syarat Umum

Ada beberapa persyaratan umum yang wajib kamu persiapkan sejak dini untuk mendaftar beasiswa S1 ini, di antaranya adalah:

1. TOEFL atau IELTS

Hal pertama yang wajib kamu persiapkan adalah TOEFL atau IELTS. Kampus di luar negeri kebanyakan meminta calon siswa memiliki nilai TOEFL atau IELTS yang cukup tinggi. Hal ini juga untuk mengukur seberapa bisa kamu memakai bahasa Inggris jika kelak kamu mengikuti kuliah dengan bahasa Inggris. 

Untuk mendapatkan skor TOEFL atau IELTS yang tinggi memang cukup sulit. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar menyiapkannya dari sekarang. Biasanya skor TOEFL minimal agar kamu bisa mengikuti seleksi beasiswa luar negeri adalah 550 atau 600.

2. Surat Rekomendasi

Syarat mendaftar beasiswa S1 di Luar Negeri yang selanjutnya adalah adanya Surat Rekomendasi yang dikeluarkan oleh sekolah atau instansi pemerintah atau lembaga organisasi lainnya. Hal ini sangat penting mengingat surat rekomendasi akan menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika seleksi penerimaan beasiswa S1 di luar negeri berlangsung.

Kamu juga perlu menyiapkan surat rekomendasi ini jauh-jauh hari ya. karena biasanya penerbitan surat rekomendasi ini lama dan membutuhkan kop surat, tanda tangan pihak yang berwenang serta cap atau stempel sehingga pembuatan Surat Rekomendasi ini tidak bisa langsung jadi. 

3. Essay

Syarat mendaftar Beasiswa S1 di Luar Negeri yang selanjutnya adalah essay. Pembuatan Essay merupakan bagian yang penting dan tidak boleh kamu lewatkan, mengingat essay ini akan menjadi bahan pertimbangan oleh pihak kampus penerima.

Biasanya essay ini dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris. Jadi, tingkat kerumitan pembuatan Essay ini terbilang cukup tinggi. Ada beberapa detail yang perlu untuk kamu perhatikan agar Essay yang kamu buat bisa berkualitas.

Biasanya di dalam Essay tersebut harus memuat beberapa hal sebagai berikut: visi & misimu kuliah, alasan mengapa kamu memilih universitas serta prodi tersebut hingga alasan mengapa kamu layak menerima beasiswa S1 di luar negeri tersebut.

4. LoA (Letter of Acceptable)

LoA sendiri adalah surat yang menyatakan bahwa kamu telah diterima di sebuah Universitas. Ada beberapa jenis beasiswa yang mewajibkan adanya LoA ini sebagai salah satu Syarat Pendaftaran Beasiswa S1 di Luar Negeri. Contohnya adalah beasiswa StuNed dari Pemerintah Belanda dan beasiswa Eiffel Scholarship dari Pemerintah Perancis. Namun banyak pula jenis beasiswa luar negeri yang tidak mewajibkan adanya LoA ini alias sifatnya opsional saja.

Namun, tak ada salahnya jika kamu tetap menyiapkan LoA ini untuk jaga-jaga, apalagi jika beasiswa yang kamu incar mewajibkan adanya surat ini.

5. Paspor

Jika di Indonesia kita menggunakan KTP sebagai tanda pengenal, maka,lain halnya di luar negeri. Kita akan menggunakan paspor sebagai tanda identitas. Oleh karena itu, paspor ini sangatlah penting dan menjadi syarat administratif yang wajib untuk kamu miliki.

Ada baiknya pula kamu menyiapkan paspor ini jauh-jauh hari karena pembuatan paspor ini memakan waktu yang cukup lama sehingga nanti ketika beasiswa tersebut dibuka kamu tidak akan keteteran sendiri.

6. Curicculum Vitae

Biodata diri singkat atau sering disebut dengan CV ini juga menjadi salah satu syarat mendapatkan Beasiswa S1 di Luar Negeri yang harus kamu miliki. CV ini harus dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik serta benar. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan grammar yang kamu gunakan dalam membuat CV ini.

7. Transkrip Nilai dan bukti prestasi

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan transkip nilai atau daftar nilai yang kamu dapatkan ketika menempuh pendidikan di sekolah menengah atas. Nilai tersebut merupakan salah salah satu bahan pertimbangan yang utama saat kamu mendaftar beasiswa S1 di luar negeri.

Ada beberapa jenis beasiswa yang mewajibkan kamu melampirkan dokumen bukti prestasi akademik ataupun prestasi di bidang lainnya. Beberapa beasiswa juga lebih memprioritaskan calon penerima beasiswa yang aktif dalam organisasi, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta berprestasi. Jadi, jika kamu memiliki penghargaan atau sertifikat serupa kamu bisa melampirkannya agar kamu bisa mendapatkan nilai plus.

Syarat Khusus

Selain persyaratan umum diatas, ada beberapa syarat khusus yang biasanya diperlukan sebagai syarat utama. Syarat khusus tersebut biasanya akan disesuaikan dengan Universitas atau negara tersebut. Contohnya adalah beasiswa S1 FULL Tuition Fee di American University memiliki persyaratan antara lain:

  • Merupakan pelajar internasional yang memiliki kondisi sosial ekonomi yang kurang terwakili,
  • Memiliki SKOR GPA 3.8 dari skala 4.00 atau berada di urutan 10% lulusan terbaik di sekolahnya,
  • Memiliki skor yang tinggi untuk TOEFL IBT (95+) dsb.

Jadi, kita harus benar-benar mencari informasi yang detail agar tahu syarat-syarat apa saja untuk mendaftar Beasiswa S1 di Universitas yang kita idamkan. Jangan sampai kita melewatkan salah satu persyaratannya. Jangan lupa kita harus menyiapkan syarat-syarat tersebut jauh hari sebelum pendaftaran dibuka. Agar kita siap 100% dan bisa bersaing dengan ratusan pelamar lainnya.

Mau ikut kursus bahasa Inggris online? Ikuti kelas online bersama PRIMARY ENGLISH. Kami jamin kamu cepat menguasai bahasa Inggris. Kamu akan diajarin dari dasar sampai lancar. Mau lihat kelasnya? Intip di sini:

English FirstLihat juga info kursus bahasa Korea online DI SINI