Aturan Penggunaan Not Only But Also

Aturan Penggunaan Not Only But Also

Not only but also adalah bentuk kata sambung (conjunction) yang juga sering kita temui dalam kalimat bahasa Inggris, terutama dalam tulisan. Jadi, menjadi penting bagi kita semua untuk mengetahui aturan penggunaan not only but also.

Not only dan but also memiliki fungsi sebagai penghubung antara dua kata atau frasa menjadi satu. Nah, agar makin paham dengan salah satu materi grammar ini, mari kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini sampai tuntas!

Mengenal Not Only But Also Lebih Dekat

Not only but also merupakan salah satu anggota correlative conjunction atau paired conjunction. Dalam bahasa Indonesia, correlative conjuction berarti kata hubung berpasangan. Sementara itu, not only but also jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti ‘tidak hanya …. tapi juga’.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, not only but also dapat digunakan untuk menggabungkan dua kata atau frasa menjadi satu. Penggabungan kata atau frasa tersebut haruslah memiliki konteks parts of speech yang sama.

Anda juga dapat menemui penggunaan conjunction not only but also sebagai penghubung dua klausa atau kalimat paralel. Maksudnya, apabila kata yang diletakkan setelah kata but also berbentuk kata singular, maka kata kerja yang dipakai juga harus berbentuk singular. Sebaliknya. Apabila kata setelah but also merupakan kata plural, maka Anda juga harus menggunakan kata kerja plural.

Contoh:

  • Not only Anang, but also Ashanty is cleaver (Tidak hanya Anang, tapi Ashanty juga cerdas.)
  • Not only Anang, but also his friends are (Tidak hanya Anang, tapi teman-temannya juga cerdas.)

Perhatikan juga aturan penggunaan not only! Apabila not only setelahnya diikuti subjek, maka setelah but also juga harus subjek. Lihat contoh berikut ini.

  • When writing a poem, consider not only the beatiful word of the poem, but also the meaning contained in it. (Ketika menulis sebuah puisi, pertimbangkan tidak hanya keindahan kata pada puisi tapi juga makna yang terkandung di dalamnya.)

Aturan Dasar Penggunaan Not Only But Also

Aturan penggunaan conjuction not only but also yang penting untuk diingat adalah kronologi yang masuk akal dan pararel atau sejajar. Anda harus membuat kalimat yang linier atau sejajar sehingga enak dibaca.

Perhatikan prinsip paralel pada conjunction not only dan but also di bawah ini:

1. Adjective + Adjective

Apabila setelah kata not only terdapat adjective, maka setelah kata but also juga ditambahkan adjective. Berikut contoh kalimatnya.

  • Andin is not only smart, but also good attitude. (Andin tidak hanya pintar tapi juga berperilaku baik.)

2. Noun + noun

Apabila setelah not only merupakan bentuk noun, maka setelah but also juga harus terdapat noun. Berikut contoh kalimatnya:

  • Reni is not only my friend, but also my family. (Reni tidak hanya temanku tapi juga kelua)

3. Verb + Verb

Apabila setelah not only diikuti verb, maka setelah but also juga diikuti dengan verb. Berikut contoh kalimatnya:

  • My sister has many spare time to do something, not only reading novel but also watching film. (Kakakku memiliki banyak waktu luang untuk melakukan sesuatu, tidak hanya membaca novel tetapi juga menonton film.)

4. Clause + Clause

Jika setelah not only terdapat clause, maka setelah but also juga harus diikuti clause. Berikut contoh kalimatnya:

  • Not only Karla will visit her grandparents house but also she will have a vacation in there. (Karla tidak hanya akan berkunjung ke rumah kakek dan neneknya tapi dia juga akan berlibur di )

5. Penggunaan Not Only But Also Adverb + Adverb

Jika setelah not only diikuti adverb, maka setelah but also juga harus diikuti adverb. Berikut contoh kalimatnya.

  • My mother goes not only in supermarket but also in traditional market. (Ibuku pergi tidak hanya di supermarket tapi juga di pasar tradisional.)

Itulah aturan penggunaan not only but also dalam bahasa Inggris. Kelima aturan di atas harus dipatuhi ya agar kalimat yang Anda buat sesuai kaidah grammar yang tepat.

Info Terkait