Adverb of Manner: Pengertian, Pembentukan & Contoh

Adverb of Manner: Pengertian, Pembentukan & Contoh

Adverb of manner adalah salah satu grammar yang harus dipahami agar kemampuan berbahasa Inggris makin meningkat. Melalui artikel ini, kami hendak membagikan pengetahuan tentang pengertian, fungsi, pembentukan dan contoh adverb of manner.

Adverb of manner amat sering ditemukan dalam bentuk percakapan maupun tulisan bahasa Inggris. Mungkin Anda, saat belajar bahasa Inggris, juga tidak jarang menemukan adverb of manner dalam sebuah kalimat. Agar Anda tidak dibikin penasaran terus, yuk kita ulas tuntas materi grammar basic ini!

Pengertian

Apa itu adverb of manner? Adverb of manner adalah jenis kata keterangan yang digunakan sebagai penjelas bagaimana sesuatu hal dapat terjadi atau dilakukan. Anda juga dapat menyebut kata keterangan ini sebagai adverb of quality atau kata keterangan kualitas.

Dalam sebuah kalimat, adverb of manner dapat di tempatkan di awal atau akhir kalimat, tentunya dengan disesuaikan dengan konteks kalimat.

Adverb of manner secara umum berfungsi sebagai penekanan atau menjelaskan suatu kata kerja (verb). Kata keterangan ini juga dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti how, in what dan by what method.

Pembentukan Adverb of Manner

Secara umum, adverb of manner berasal dari kata sifat (adjective) yang diberikan imbuhan huruf –ly di belakang kata tersebut. Adverb ini biasanya diletakkan setelah kata kerja (verb) atau objek (object) dalam sebuah kalimat. Atau, bisa juga diletakkan sebelum kata kerja (verb).

Ketika adverb ini diposisikan di depan kata kerja dan objek, maka pola tersebut ditujukan untuk menekankan adverb. Tidak hanya sebagai kata keterangan, pada pola ini adverb of manner juga berguna sebagai penyempurna kalimat sehingga memiliki makna yang kuat.

Meski sebagian besar adverb ini merupakan kata sifat yang ditambahkan –ly di bagian belakangnya, namun ada juga adverb of manner yang tidak memiliki tambahan –ly di belakangnya lho. Agar lebih mudah mengetahui mana kata sifat (adjective ) yang bisa ditambahkan –ly atau tidak, Anda bisa menghafalkan adverb of manner yang tidak membutuhkan tambahan –ly di belakangnya sebab jumlahnya lebih sedikit dari yang ditambahkan –ly.

Berikut contoh adverb of manner yang tidak perlu ditambahkan –ly:

fast, hard, rarely dan well.

Sedangkan untuk adjective lainnya harus ditambahkan –ly agar berubah menjadi adverb of manner. Berikut contohnya:

openly, beautifully, elegantly, happily, lazily, clearly, bravely, correctly, softly, proudly, etc.

Perlu diketahui juga bahwa adverb of manner biasanya dibentuk dengan kata prepositional phrase, yakni ‘in .. a way’ atau ‘like’, terutama untuk adjective yang berakhiran –ly. Di sini maksudnya adalah untuk single – adverb dan bentuk yang berfungsi sebagai adverb. Contohnya, in a friendly way, like a child dan lainnya.

Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Setelah mengetahui contoh kata adverb of manner, Anda juga harus tahu cara penggunaannya dalam sebuah kalimat yang tepat. Dengan begitu, pemahaman Anda terkait grammar ini akan lebih dalam. Berikut contoh penggunaan adverb of manner dalam kalimat:

  • Sita can read Hanzi (aksara Tionghoa) correctly. (Sita dapat membaca Hanzi dengan benar.)
  • Marta explains her project clearly in front of the audience. (Marta menjelaskan proyeknya dengan jelas di hadapan para penonton.)
  • The winner of the badmintoon match is never giving up. They always practice hard. (Pemenang pertandingan bulutangkis itu tidak pernah menyerah. Mereka selalu berlatih dengan keras.)

Itulah pembahasan tentang pengertian, fungsi, pembentukan dan contoh adverb of manner. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Info Terkait