Tips Saat Pertama Kali Belajar Bahasa Inggris. Dalam memulai sesuatu hal, sangat diperlukan persiapan yang matang, tidak hanya secara fisik namun juga secara mental. Ketika kedua komposisi tersebut seimbang maka dapat dipastikan hasil yang didapat akan memuaskan. Salah satunya dalam belajar bahasa inggris. Anda perlu mempersiapkan diri secara fisik serta mental. Maksudnya adalah secara fisik bahwa anda siap belajar dengan kondisi sehat serta secara mental bahwa anda siap dan mengerti secara sadar tentang hal yang anda lakukan.

Biasanya, saat kita ingin mempelajari suatu bahasa, kita pasti memutuskan untuk mengikuti suatu kelas atau kursus bukan? Mempelajari bahasa baru di dalam kelas tentu kadang menjadi tantangan tersendiri. Prosesnya pun sangat panjang sehingga kita merasa sedikit tertekan. Namun, dengan beberapa tips berikut, semoga membantu kalian untuk memulai pembelajaran Bahasa, khususnya Bahasa Inggris, dengan lebih matang. Selamat menyimak!

1.Perhatikan dengan baik apa yang diajarkan di kelas dalam beberapa minggu pertama

Mempelajari bahasa Asing merupakan hal yang baru bagi kita. Otomatis, kita harus menyimak semua hal yang diajarkan di kelas dengan baik, khususnya dalam beberapa minggu pertama karena masa-masa ini merupakan masa untuk membangun fondasi agar kalian bisa menyelesaikan kursus atau pembelajaran bahasa kalian dengan baik sampai akhir. Semakin baik kalian memahami dasar-dasarnya, semakin mudah untuk mengikuti pembelajaran dan memahami materi yang lebih sulit kedepannya.

2. Selesaikan semua tugas yang diberikan

Kadang kala dalam kursus bahasa, kita tentu diberikan tugas-tugas untuk semakin melatih dan  mengasah kemampuan bahasa Inggris kita. Tugas-tugas ini bisa berupa macam-macam, ada tugas harian, kuis, kosakata, dan konjugasi kata kerja. Semua tugas penting untuk dikerjakan dengan baik agar melatih kemampuan bahasa kalian menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

3. Berpartisipasi semaksimal mungkin dalam semua kegiatan yang ada di kelas

Kadang di dalam kelas, para pengajar memberikan permainan edukasi atau meminta kalian untuk melakukan hal-hal seperti membaca puisi di depan kelas atau memberikan sedikit pidato. Jangan takut atau malu untuk berpartisipasi semaksimal mungkin. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan diri kalian dalam menggunakan bahasa yang kalian pelajari.

4. Ulas ulang pelajaran yang kalian pelajari setiap hari

Hal ini tentu penting karena belajar bahasa intinya adalah membiasakan diri. Mengulas pelajaran ini bisa dilakukan selama 15 sampai 30 menit setiap harinya sebagai tambahan untuk tugas-tugas atau PR yang diberikan oleh pengajar bahasa.

5. Berdiskusi kelompok dengan teman-teman

Berkumpul dan mempraktikan bahasa bersama-sama tentu merupakan salah satu cara tercepat untuk mempelajari bahasa. Buatlah kelompok dan tentukan jadwal untuk berkumpul bersama. Semberi menikmati hidangan makan siang, atau malam, kalian bisa menggunakan bahasa Inggris di antara kalian dengan santai.

6. Praktikan dengan berbagai cara, baca, bicara, maupun mendengarkan!

Kalian bisa mempelajari satu bahasa dengan berbagai cara. Bisa dengan mendengarkan radio, mendengarkan CD, atau bahkan membaca koran. Buatlah diri kalian dikelilingi bahasa yang ingin kalian kuasai. Sehingga kalian familiar dengan bahasa tersebut.

7. Have fun with the language, and practice, practice, practice!

Tidak ada yang lebih penting dari tips yang satu ini. Jika kalian tidak bisa menemukan kesenangan dalam mempelajari suatu bahasa. Tentu kalian akan merasa kesulitan untuk mempelajari bahasa asing yang ingin kalian kuasai. Jadi, bersenang-senanglah!

Nah, itu dia 7 hal yang harus kalian saat pertama kali mempelajari bahasa baru. Semoga membantu ya sobat Primary semua!

Ingin Kursus Bahasa Inggris?

Ikuti kelas online Primary English sekarang!

Leave a Comment