7 Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris

7 Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris

Belajar tentang jenis pronoun menjadi satu hal penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Pasalnya, pronoun atau kata ganti benda merupakan salah satu part of speech yang harus dikuasai oleh siapa saja yang ingin mahir berbahasa Inggris.

Mungkin Anda masih bingung apa itu pronoun atau merasa kesulitan menentukan pronoun yang tepat dalam menyusun kalimat. Tenang saja! Kali ini kami akan menjelaskan pengertian pronoun berikut jenis-jenisnya secara detail.

Pengertian Pronoun

Pronoun adalah kata ganti yang biasa dipakai untuk menggantikan noun yang mengacu pada orang, hewan atau hewan. Anda bisa menggunakan pronoun ketika pembaca atau lawan bicara Anda mengetahui apa atau siapa yang Anda maksud dalam sebuah kalimat.

Contohnya: Siti gets nice score in English exam. She is diligent student.

Setelah pembaca atau lawan bicara Anda mengetahui siapa yang Anda bicarakan (seperti dalam contoh adalah Siti), maka Anda dapat menyebut orang yang Anda maksud itu menggunakan pronoun yang tepat. Pada kasus ini adalah she.

Selain sebagai kata ganti, pronoun juga sangat penting untuk menghindari repetisi kata dalam sebuah kalimat. Repetisi sendiri adalah kata yang berulang.

Jenis Pronoun

Pronoun atau kata ganti dalam bahasa Inggris memiliki banyak jenis. Anda wajib mengetahui semua jenis ini!

1. Personal Pronoun

Personal pronoun digunakan untuk pengganti orang atau yang berlaku sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Di sisi lain, personal pronoun juga bisa berubah menjadi objek maupun subjek dalam kalimat.

Personal pronoun sebagai subjek seperti I, you, they, we, he, she, it. Kata ganti ini juga dapat berubah menjadi objek seperti me, you, her, them, us, him, her.

2. Possessive Pronoun

Kata ganti ini terbagi menjadi dua bentuk, yakni dependent atau possessive adjectives dan independent.

Possesive adjectives dapat ditemukan pada kata sifat yang terletak sebelum kata benda. Contoh possessive adjectives: This is her car. (Ini adalah mobilnya.) Sedangkan contoh possesive pronoun: this car is mine (Mobil ini milik saya.)

Macam-macam possesive adjectives di antaranya: my, your, our, their, his, her, its. Sementara possessive pronoun seperti mine, yours, ours, theirs, his, hers, its.

3. Reflexive pronoun

Reflexive pronoun betujuan untuk penegas  subjek yang sedang melakukan suatu tindakan atau kegiatan. Kata ganti reflexive ini berupa myself, yourself/yourselves, themselves, ourselves, himself, herself, itself. Dalam bahasa Indonesi, kata ganti ini dapat diartikan ‘sendiri’.

4. Demonstrative Pronoun

Dalam bahasa Indonesia demonstrative pronoun bisa berupa ‘ini’ atau ‘itu’. Kata ganti ‘ini’ atau ‘itu’ dalam bentuk tunggal dapat menggunakan this dan that. Sementara itu, kata ganti ‘ini’ atau ‘itu’ dalam bentuk jamak dapat menggunakan these dan those.

5. Interrogative Pronoun

Seperti namanya, jenis pronoun ini berfungsi sebagai kata tanya yakni who, whom, whose, what, which, why dan kata tanya lainnya.

6. Indefinite Pronoun

Jenis kata ganti ini ditujukan untuk mengganti orang, benda atau sesuatu yang belum pasti. Beberapa kata ganti orang di antaranya: everyone, someone, anyone, no one, everybody dan lainnya. Beberapa kata ganti benda di antaranya: everyhing, something, anything, nothing dan lainnya. Sementara itu, sejumlah kata ganti tempat yaitu everywhere, somewhere, anywhere, nowhere dan lainnya.

7. Relative Pronoun

Relative pronoun merupakan kata ganti yang digunakan untuk menggabungkan dua buah kalimat. Macam-macam relative pronoun di antaranya who, which, whom, whose dan that.

Meski sebagian besar adalah kata tanya, relative pronoun tidak difungsikan sebagai pembentuk kalimat tanya, melainkan (sekali lagi kami tekankan) sebagai kata ganti untuk menghubungkan antara dua kalimat.

Itulah tujuh jenis pronoun atau kata ganti dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Info Terkait