5 Tips Lulus TOEFL dengan Nilai Tinggi

5 Tips Lulus TOEFL dengan Nilai Tinggi

Setidaknya ada lima tips lulus TOEFL dengan nilai tinggi yang bisa Anda ikuti. Mari kita intip penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Bagi siswa, mahasiswa dan pelamar kerja sudah pasti tidak asing lagi dengan TOEFL. Ya, TOEFL atau Test of English as a Foreign Language sering menjadi salah satu syarat masuk universitas baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, TOEFL juga tidak jarang menjadi syarat masuk kerja untuk posisi tertentu.

Nah, sebelum ikut TOEFL, Anda dituntut untuk belajar dengan serius. Harapannya, dengan belajar serius, Anda dapat memperoleh skor TOEFL yang tinggi.

Tips Lulus TOEFL dengan Nilai Tinggi

Mengikuti tips lulus TOEFL di bawah ini harus dibarengi dengan niat yang kuat. Niat yang kuat ini menjadi modal utama yang dapat mengantarkan Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini lulus TOEFL dengan nilai yang tinggi.

Berikut tips lulus TOEFL dengan nilai tinggi:

1. Buat Target Nilai

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus membuat berapa target nilai minimal TOEFL yang dibutuhkan untuk masuk ke universitas atau perusahaan tertentu. Anda bisa mencari tahu nilai minimal TOEFL yang dibutuhkan ini di website resmi universitas atau perusahaan yang Anda tuju.

2. Buat Target Durasi Belajar

Anda sudah tahu target nilai minimal TOEFL yang harus dicapai. Sekarang saatnya Anda membuat target durasi belajar dan latihan untuk persiapan tes TOEFL.

Seperti diketahui, TOEFL memiliki empat jenis soal, yakni listening (menyimak), writing (menulis), reading (membaca) dan speaking (berbicara). Jadi, target durasi belajar dapat Anda susun berdasarkan empat jenis soal itu.

Contoh: dalam sehari Anda membuat durasi belajar untuk listening selama 1 jam, writing 2 jam, reading 2 jam dan speaking 1. Yang jelas, atur durasi belajar sesuai kemampuan yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda lemah dalam hal reading, maka lebihkan durasi belajar untuknya.

3. Tips Lulus TOEFL Berikutnya: Mulai Belajar

Tips ketiga adalah mulai belajar. Anda harus berkomitmen pada diri sendiri untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar TOEFL. Dengan kata lain, Anda harus menepati waktu belajar yang telah ditetapkan pada poin kedua tadi.

Adapun cara belajar yang bisa Anda lakukan adalah memulainya dengan mempelajari materi-materi dasar terlebih dahulu. Cara ini terbukti ampuh guna memahami materi-materi yang kompleks dan sulit setelahnya. Jadi, jangan di balik ya! Belajar yang sulit dulu kemudian yang susah. Bisa pusing nanti!

4. Ikut Kursus Bahasa Inggris

Nah, jika tidak sempat mengatur waktu belajar sehari-hari untuk persiapan tes TOEFL, Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Lembaga kursus, tentunya, sudah memiliki perencanaan belajar yang matang untuk persiapan tes TOEFL.

Selain kursus bahasa Inggris secara offline atau datang langsung ke tempat lembaga, Anda juga bisa lho mengkuti kursus bahasa Inggris secara online. Jadi, Anda bisa belajar tanpa keluar rumah hanya dengan laptop atau smartphone. Pastikan juga perangkat Anda tersambung internet yang stabil ya!

5. Persiapkan Hal Teknis

Jangan sampai Anda terlalu sibuk belajar tapi lupa menyiapkan hal-hal teknis untuk tes TOEFL. Misalnya, menyiapkan alat tulis, mengecek waktu pelaksanaan tes TOEFL hingga menjaga kesehatan.

Mempersiapkan hal-hal teknis tidak boleh disepelekan begitu saja. Jadi, jangan sampai kelupaan ya!

Itulah lima tips lulus TOEFL dengan nilai tinggi. Ikuti semua tips di atas dan semoga hasil TOEFL Anda memuaskan serta diterima di universitas atau perusahaan yang diidam-idamkan.

Info Terkait