belajar grammar dengan mudah

Setiap bahasa memiliki struktur tata bahasa tersendiri yang berfungsi merangkai susunan kalimat agar makna yang terkandung di dalamnya bisa tersampaikan. Dalam Bahasa Inggris tata bahasa dikenal sebagai grammar. Konon, mempelajari grammar itu sulit dan membingungkan.

Rumus-rumus tenses yang penuh aturan kadang membuat seseorang bingung ketika hendak merangkai kata. Bahkan, untuk menganalisa bentuk kalimatnya saja sering terjebak.

Tips Belajar Grammar dengan Mudah

Perlu kita ingat bahwa grammar ini penting sekali untuk berkomunikasi, baik secara lisan ataupun tertulis. Maka dari itu, kali ini Primary English akan membagikan tips belajar grammar dengan 5 langkah mudah.

1. Pelajari Grammar Structure yang Paling Umum

Dalam materi structure terdapat 16 jenis tenses yang harus kita pelajari. Grammar structure sendiri merupakan salah satu fondasi utama dalam mempelajari grammar. Tapi, pada prakteknya hanya ada 5 jenis tenses saja yang paling sering digunakan.

5 jenis tenses tersebut yaitu; simple present tense, present continous tense, present perfect tense, simple past tense, dan simple future tense. Mulailah dengan menguasai jenis-jenis tenses tersebut, selanjutnya kamu akan lebih mudah menguasai formula tenses lainnya.

2. Pahami Pola Kalimat Untuk Mencari Makna

Kita tahu bahwa setiap kalimat yang disampaikan bisa mengandung makna yang berbeda tergantung dari penempatan kata-katanya. Misalnya ketika seseorang berkata “jangan pergi dulu”, maknanya akan lain jika susunannya berubah menjadi “pergi dulu jangan” . Yang pertama adalah seruan sedangkan yang kedua berupa pertanyaan.

Dalam mempelajari grammar Bahasa Inggris pun sama. Formula kalimat bukan satu-satunya kunci untuk menemukan makna kalimat, kita juga harus memahami pola kalimatnya. Memahami pola kalimat akan sangat membantu ketika mempelajari berbagai jenis literatur.

3. Belajar Grammar dengan Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Salah satu cara belajar grammar dengan mudah yang sekaligus akan memperluas pemahaman kita tentang Bahasa Inggris adalah dengan sesering mungkin membaca tulisan Bahasa Inggris.

Membaca tidak terbatas hanya pada buku saja, kamu juga bisa membaca artikel atau jurnal di internet. Membaca akan memperkaya perbendaharaan vokabuler kita, membaca bisa membuat kita familiar dengan berbagai bentuk tenses. Sehingga dikemudian hari kita akan lebih mudah menyusun kalimat Bahasa Inggris dengan grammar yang benar.

Tandai kalimat-kalimat yang dirasa penting atau perlu dipelajari. Dengan metode seperti ini, secara tidak langsung kita sudah belajar untuk memahami struktur kalimat Bahasa Inggris.

4. Latihan Menulis Bahasa Inggris

Setelah memperkaya pengetahuan dengan membaca, selanjutnya kamu bisa mulai berlatih menulis dalam Bahasa Inggris. Ini merupakan salah satu cara belajar grammar yang paling efektif. Tapi, pertama-tama kamu harus menentukan format tulisannya terlebih dahulu. Apakah dalam bentuk artikel, surat, atau mungkin cerpen? Silahkan pilih yang paling kamu sukai.

Ketika menulis otak kita akan berusaha menciptakan rangkaian kalimat yang sempurna. Disaat yang bersamaan, semua informasi yang telah kita pelajari tentang grammar akan mencari jalannya untuk menyesuaikan diri dengan rangkaian kalimat yang dihasilkan.

Setelah tulisanmu selesai, baca kembali untuk mengoreksi tulisan-tulisan atau grammar yang salah. Sebisa mungkin menulis secara runut dan saling terhubung antar kalimat, agar kamu semakin mahir dalam menyusun kalimat Bahasa Inggris.

5. Interaksi Langsung dengan Native Speaker

Langkah terakhir dan yang paling utama, yaitu berinteraksi langsung dengan penutur asli. Tidak sedikit orang yang kurang percaya diri ketika ingin melatih kemampuannya dengan berbincang langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris, padahal cara ini adalah jalan tercepat dan paling efektif untuk menguasai Bahasa Inggris.

Jangan takut salah, semua orang yang sedang belajar Bahasa Inggris pasti akan mengalami penyesuaian terlebih dahulu. Tidak masalah walaupun kamu berbicara terbata-bata, selama apa yang ingin disampaikan bisa dipahami lawan bicara, lambat laun kemampuanmu akan menjadi lebih baik.

Kuasai Grammar dengan Mudah Lewat Kelas Online Bahasa Inggris

Ingin belajar grammar lebih jauh? Primary English siap membantu kamu meningkatkan skill Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Karena disini semuanya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Materi grammar terlengkap dengan metode pembelajaran yang mudah dipahami bisa kamu dapatkan dalam 1 paket kursus lengkap. Kamu bisa mengulang semua materi pembelajaran yang sudah dikemas dalam konten audio visual interaktif langsung dari instruktur profesional.

Mau tahu info selengkapnya? Silahkan simak disini!