5 Kesalahan dalam Bahasa Inggris yang Jarang Disadari

5 Kesalahan dalam Bahasa Inggris yang Jarang Disadari

Tidak sedikit kesalahan dalam bahasa Inggris yang masih sering dilakukan oleh orang-orang Indonesia. Misalnya, ketika Anda berkata ‘I’m annoying’, itu artinya Anda menyebut diri Anda sendiri mengganggu.Padahal Anda hanya ingin mengungkapkan perasaan Anda yang sedang merasa terganggu,bukan?

Itulah salah satu kesalahan dalam bahasa Inggris yang jarang disadari. Kesalahan tersebut mayoritas terjadi karena sudah biasa digunakan, yang mana banyak orang hanya ikut-ikutan agar terlihat keren. Tapi bukannya terlihat keren, ujungnya malah bikin Anda merasa malu karena mengucapkan kata dengan maksud yang salah.

Kesalahan dalam Bahasa Inggris yang Jarang Disadari

Kini penggunaan kosakata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sudah lazim dilakukan. Baik secara formal maupun informal, bahasa Inggris telah menjadi bahasa keseharian yang dapat ditemukan di sekitar kita.

Namun sayangnya, masih terdapat banyak pengguna bahasa Inggris di Indonesia yang melakukan kesalahan yang dapat membuat native speaker yang mendengarnya mengerutkan kening. Kira-kira apa saja sih kesalahan yang sering terjadi dan jarang disadari? Yuk, kita simak!

1. Menggabungkan to Infinitives dan Gerund

Pernah mendengar jawaban “I like to drinking tea” ketika ada pertanyaan tentang hobi atau kesukaan dalam bahasa Inggris? Apakah menurut Anda jawaban tersebut benar? Tentu tidak, dalam jawaban tersebut terdapat kesalan gramatikal yakni menggabungkan to infinitive dengan gerund.

Jawaban yang tepat adalah “I like to drink tea” (to infitive) atau “I like drinking tea” (gerund) saja.

2. I’m Boring Seharusnya I’m Bored

Salah satu kesalahan lain yang paling sering dilakukan banyak orang adalah mengatakan I’m boring. Meskipun hanya berbeda pada 3 huruf di belakang, ternyata memiliki arti yang berseberangan lho.

Boring adalah adjective atau kata sifat. Dimana kata sifat berakhiran –ing digunakan untuk menggambarkan seseorang, sesuatu atau sebuah situasi yang menimbulkan perasaan. Sedangkan adjective berakhiran –ed mendeskripsikan perasaan atau kondisi yang sedang dialami.

Jadi, jika Anda bermaksud mengatakan saya merasa bosan, kalimat yang tepat untuk diucapkan adalah I’m bored. Untuk I’m boring tidak lah tepat, karena berarti ‘saya menyebabkan orang lain bosan’.

Prinsip ini juga dapat digunakan pada adjective lain, seperti confusing/confused, exciting/excited, annoying/annoyed dan lainnya.

3. Thanks God Seharusnya Thank God

Meskipun hanya berbeda satu huruf, tapi ternyata secara tata bahasa ini salah lho. ‘Thanks’ adalah kependekan dari ‘thank you yang umumnya diucapkan langsung kepada lawan bicara.

Jika Anda mengatakan ‘thanks God’ itu artinya Anda mengucapkan terima kasih seolah Anda sedang berbicara langsung kepada Tuhan. Seharusnya yang Anda ucapkan adalah ‘thank God’.

4. Kesalahan dalam Bahasa Inggris Sering Terjadi: Fix Seharusnya Fixed

“Schedule-nya udah fix nih ya!” Fix dalam kalimat tersebut maksudnya adalah schedule-nya sudah tetap. Namun, secara gramatikal, kalimat tersebut masih terdapat kesalahan.

Kesalahan dalam bahasa Inggris yang satu ini memang sangat jarang disadari. “Fix” adalah kata kerja yang berarti memperbaiki. “Fixed” juga dapat dijadikan sebagai verb 2 dari kata kerja “fix”.

Namun, dalam kalimat tersebut “fix” berarti “tetap” yang merupakan kata sifat (adjective) sehingga yang benar adalah menggunakan “fixed”.

5. Your Welcome Seharusnya You’re Welcome

Secara pengucapan keduanya memang hampir memiliki kesamaan. Hal ini-lah yang membuat banyak orang sering keliru menggunakannya. ‘You’re welcome’ adalah kependekan dari ‘you are welcome’. Sedangkan ‘your’ merupakan bentuk kepemilikan dari ‘you’ berarti milikmu.

Secara tata bahasa lisan mungkin tidak akan begitu terlihat kesalahan yang fatal. Namun, jika Anda menggunakannya dalam tata bahasa tulisan, hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat fatal dan patut dihindari.

Itulah lima kesalahan dalam bahasa Inggris yang jarang disadari. Jika Anda masih merasa sering melakukan kesalahan, gak apa-apa. Banyak orang sukses belajar dari kesalahan yang sering dilakukannya. Yang terpenting sekarang Anda sudah tahu mana yang benar dan memiliki niat untuk terus melatih kemampuan.

Info Terkait