4 Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

4 Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

Tahukah Anda apa saja perbedaan bahasa Inggris British dan Amerika? Jika belum, yuk kita simak pembahasan di bawah ini!

Seperti kita ketahui, bahasa Inggris terbagi menjadi beberapa ‘kubu’. Dua kubu di antaranya yang sering dibanding-bandingkan oleh orang Indonesia adalah bahasa Inggris British (British English) dan bahasa Inggris Amerika (American English).

Memang, kedua kubu tersebut memiliki sejumlah perbedaan, terutama dalam hal aksen. Perbedaan juga amat terlihat dari penggunaan tata bahasa. Untuk mengetahui perbedaan selengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

Sedikitnya ada empat perbedaan yang kentara antara bahasa Inggris British (United Kingdom) dan bahasa Inggris Amerika (United States). Di antaranya sebagai berikut:

1. Aksen atau Logat

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu perbedaan yang kentara antara bahasa Inggris British dan Amerika bisa dilihat dari aksen atau logatnya. Memang, bukan hal ‘langka’ bahwa setiap daerah memiliki aksen yang berbeda satu sama lain.

Hal ini juga berlaku bagi Indonesia. Lihat saja! Aksen orang Jawa dan Sunda sudah terlihat berbeda, meski sama-sama berada di Pulau Jawa. Begitu juga di Amerika, aksen orang New York dan Los Angeles juga memiliki perbedaan. Selain itu, aksen orang Manchester bisa juga berbeda dengan aksen orang London.

Nah, secara garis besar, perbedaan mencolok aksen antara orang UK dan US dalam melafalkan bahasa Inggris terletak pada haruf ‘r’. Orang US pada umumnya melafalkan huruf r’’ pada setiap kata yang mengandung huruf ‘r’. Sementara itu, orang UK melafalkan huruf ‘r’ jika posisinya terletak di depan kata. Jika tidak, maka huruf ‘r’ tidak dilafalkan.

2. Kosakata Bahasa Inggris British vs Amerika

Perbedaan selanjutnya juga bisa dilihat dari beberapa pilihan kosakata. Ya, ada perbedaan yang mencolok terkait pilihan kosakata antara US dan UK.

Misalnya, orang US menyebut apartemen (bahasa Indonesia) sebagai apartments. Sementara itu, orang UK menyebutnya flat. Contoh lain, orang US menyebut sepak bola sebagai football sedangkan orang UK menyebutnya soccer. Orang UK menyebut toko sebagai shop, sementara orang Amerika menyebutnya store.

3. Penulisan

Perbedaan bahasa Inggris UK dan US berikutnya bisa dilihat dari beberapa penulisan kosakata. Meski tidak banyak, namun Anda harus mengetahui perbedaan penulisan kosakata antara kedua kubu ini.

Misalnya, dalam bahasa Inggris US, warna disebut color sedangkan dalam bahasa Inggris UK disebut colour. Contoh lagi, dalam bahasa Inggris US terdapat kosakata meter, center dan theater. Sedangkan dalam bahasa Inggris UK, ketiga kata itu disebut metre, centre dan theatre.

4. Tata Bahasa atau Grammar

Pemilihan tata bahasa atau grammar yang digunakan untuk percakapan sehari-hari antara bahasa Inggris UK dan US juga berbeda. Pada umumnya, orang UK menggunakan simple past tense untuk menerangkan aktivitas atau kejadian yang baru saja terjadi (berarti sudah terjadi). Sementara orang US menerangkan hal serupa dengan present perfect tense.

Misalnya, orang UK berkata, “I went to the bioskop.” Sedangkan orang US berkata “I have gone to the bioskop.” Contoh lainnya, orang UK berkata, “Rina ate banana”. Sementara orang US berkata “Rina has eaten banana”.

Itulah empat perbedaan bahasa Inggris British dengan bahasa Inggris Amerika. Jadi, jika Anda menemukan beberapa perbedaan dalam bahasa Inggris, jangan langsung memvonis bahwa hal itu salah atau keliru. Cermati dulu, mungkin saja itu termasuk bahasa Inggris Amerika atau sebaliknya.

Info Terkait