4 Cara Cepat Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

4 Cara Cepat Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Bagaimana cara meningkatkan kosakata bahasa Inggris? Mungkin itu menjadi pertanyaan sebagian banyak orang ketika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Ya, bagaimana tidak, dengan memperluas kosakata, Anda akan lebih mudah melakukan komunikasi dengan jelas. Memperbanyak kosakata bahasa Inggris juga dapat membantu Anda dalam menggunakan bahasa tersebut ketika membuat tulisan, membaca, mendengar atauberbicara.

Nah, ada cara untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris dengan cepat. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Cepat Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Sebenarnya terdapat banyak tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Namun, alangkah lebih baik jika Anda dapat menggunakan satu atau dua cara saja yang paling efektif dan efisien saja.

Inilah beberapa cara yang dapat Anda praktikkan untuk memudahkan Anda memperluas kosakata bahasa Inggris.

1. Perbanyak Membaca Sumber Berbahasa Inggris

Semakin Anda banyak membaca, semakin banyak pula pengetahuan dan kosakata baru yang Anda dapatkan. Utamakan membaca bacaan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, seperti novel berbahasa Inggris, majalah atau surat kabar berbahasa Inggris atau bahkan konten media sosial dengan bahasa Inggris.

Ketika Anda membaca dan menemukan kosakata baru, cobalah untuk mempelajari maknanya dan cari artinya. Tuliskanlah setiap kata baru yang Anda temukan ke dalam sebuah daftar kumpulan kosakata.

2. Gunakan Kamus dan Ensiklopedia

Cara cepat meningkatkan kosakata bahasa Inggris berikutnya adalah dengan sesering mungkin menggunakan kamus ketika bertemu kosakata baru. Gunakan kamus dengan versi apapun yang Anda sukai, baik berupa cetak, elektronik atau online. Pilihlah kamus yang memiliki kualitas paling baik dan minimalisir penggunaan penerjemah Google.

Apabila menemukan kosakata baru, sesegera mungkin cari tahu artinya di dalam kamus untuk mengetahui cara pengucapan dan maknanya yang tepat. Anda juga dapat menggunakan ensiklopedia untuk mencari antonim dan sinonim dari kata atau frasa tersebut.

3. Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Paling Asyik: Nonton Film

Menonton film adalah salah satu kegiatan menyenangkan, bukan? Biar lebih keren dan kosakata bahasa Inggris Anda semakin banyak, tidak ada salahnya Anda menggunakan subtitle berbahasa Inggris setiap kali menonton film.

Dengan menonton film ber-subtitle bahasa Inggris, kosakata Anda pun akan meningkat, terlebih lagi Anda dapat lebih mudah memahami kata tersebut dalam konteks yang tepat. Dengan penggunaan bahasa Inggris yang hadir dalam bentuk alur cerita film, pastinya, Anda akan lebih mudah memahami konteks kosakata yang digunakan dan akan lebih mudah diingat.

Ternyata, dengan menambah kosakata lewat menonton film, Anda juga dapat mengetahui pelafalan atau cara pengucapan kata dengan benar lho. Jadi, selain memperbanyak kosakata bahasa Inggris, Anda juga akan lebih akrab dengan pelafalan kata yang tepat.

4. Aktif dalam Percakapan Bahasa Inggris

Banyak berbicara menggunakan bahasa Inggris akan membantu Anda menemukan kosakata baru. Seperti membaca, jika Anda mendengar atau mengucapkan kata baru, hendaknya langsung dicatat dalam daftar kumpulan kosakata yang Anda miliki, sehingga akan mudah dipelajari lagi nantinya.

Meskipun terkadang di awal percakapan akan ada rasa tidak percaya diri, yakinlah dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris secara tidak langsung Anda dapat memperkaya perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris.

Itulah beberapa cara cepat meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Kunci utama dalam meningkatkan kosakata ada pada diri Anda sendiri. Terus belajar dan jangan pernah lengah untuk menambah jumlah kosakata bahasa Inggris baru dengan mempraktikkan beberapa cara di atas.

Info Terkait